Bersama Perpustakaan Daerah Tangerang, JAKER Gelar Diskusi “Menghadang Kubilai Khan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com Tangerang-  Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat Kabupaten Tangerang (JAKER Kabupaten Tangerang) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang akan mengadakan Diskusi dan Bedah Buku Menghadang Kubilai Khan, sebuah novel sejarah karya AJ Susmana sebagai cara membudayakan literasi khususnya di Kabupaten Tangerang. Diskusi dan Bedah Buku tersebut dilaksanakan pada Hari Jum’at, 13 September 2024 dimulai pada Jam 9:00 WIB – sampai selesai bertempat di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang Jl Abdul Hamid No 9 Kal. Kaduagung, Tigaraksa.

“Setelah Diskusi dan Bedah Buku Menghadang Kubilai Khan digelar oleh Pengurus Pusat JAKER dan dilanjutkan JAKER DK Jakarta, kami JAKER Kabupaten Tangerang juga akan melaksanakan hal yang sama dengan tema yang diangkat “Persatuan Nasional, Keadilan dan Kemakmuran Bangsa,” terang Syarifudin Ketua JAKER Kabupaten Tangerang kepada awak media, Kamis, 12 September 2024.

“Konteks buku novel karya AJ Susmana setebal 333 halaman ini bertemakan sejarah pembangunan persatuan di Nusantara pada abad ke-13 Masehi. Kita dibawa kembali ke masa Raja Kertanegara dari Kerajaan Singhasari yang menggalang persatuan negeri-negeri Nusantara melawan usaha pendudukan asing yaitu Mongol,” tambah Syarifudin.

“Seruan persatuan nusantara melawan pendudukan asing tersebut bisa kita artikan dalam konteks sekarang seruan persatuan nasional melawan kekuatan asing yang selalu menghambat kemajuan kepentingan nasional. Dalam kerangka kemajuan ekonomi nasional seperti menolak Hilirisasi dan Industrialiasi Nasional dan membuat Indonesia bergantung pada produk-produk asing seperti mengimpor kebutuhan rakyat Indonesia yang sebenarnya bisa dipenuhi secara mandiri,” lanjut Syarifudin yang lebih dikenal dan akrab dipanggil Jack Albantani.

Jack Albantani pun mengajak masyarakat Tangerang terutama para penggiat literasi dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bisa menyempatkan waktu untuk menghadiri kegiatan tersebut dan berdiskusi bersama nara sumber yang diundang: Dewi Indra Puspitasari, seorang aktivis perempuan yang sudah malang melintang di dunia literasi dan Muhammad Aldiansyah, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Tangerang Barat. Diskusi dan Bedah Buku Menghadang Kubilai Khan akan dipandu Sekretaris JAKER Tangerang: Togu Van Basten Hutapea. Selain itu, juga akan dimeriahkan dengan penampilan spesial , penyanyi kita: Bung Cachink. (Red)

Berita Terkini