Pelantikan Mabigus Kwarran Gerakan Pramuka Siantar Martoba, KaKwarcab Erizal Ginting Berpesan Mabigus Berperan Aktif Bina Generasi Muda

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Kadis Pendidikan Mhd.Hamdani Lubis SH bersama Ketua Kwartir Cabang (KaKwarcab) Pramuka Kota Pematangsiantar H.Kusma Erizal Ginting, SH dan Ketua Majelis Pembina Ranting (Kamabiran) Siantar Martoba Rilan Syakban Pohan, SSTP menghadiri Pelantikan Bersama Majelis Pembimbing Gugus Depan Se-Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Siantar Martoba Masa Bakti 2024 – 2027, Sabtu (27/07/2024), di lapangan SD RK 7, Jalan Medan Km. 6, Kecamatan Siantar Martoba.

Kehadiran Perwakilan Wali Kota, Kadis Pendidikan Mhd.Hamdani Lubis SH bersama Ketua Kwartir Cabang (KaKwarcab) Pramuka Kota Pematangsiantar H.Kusma Erizal Ginting, SH dan Ketua Majelis Pembina Ranting (Kamabiran) Siantar Martoba Rilan Syakban Pohan, SSTP beserta rombongan disambut meriahkan dengan Penampilan Marching Band dari siswa siswi SD RK 7 Yayasan RK Pematangsiantar, serta Tortor Sombah.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA yang dibacakan Kadis Pendidikan Mhd.Hamdani Lubis SH menyampaikan ucapan selamat atas Pelantikan Bersama Majelis Pembimbing Gugus Depan Se-Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Siantar Martoba Masa Bakti 2024 – 2027. Serta mengajak para pengurus baru untuk bisa melakukan aksi nyata dan bisa berguna dan bermanfaat untuk masyarakat. “Semoga saudara-saudari sekalian dapat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan baik, serta penuh rasa tanggung jawab, harapannya semoga menjadi Amanah dan panutan kepada siswa siswi angota Pramuka.” ucapnya.

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA melalui Kadis Pendidikan Mhd.Hamdani Lubis SH juga berpesan, semoga pelantikan ini dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan solidaritas dalam merumuskan langkah-langkah strategis bagi peningkatan kuantitas dan kualitas pembinaan Gerakan Pramuka di Kota Pematangsiantar, khususnya Kecamatan Siantar Martoba. “Kita ketahui bersama bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya.

Hal ini, kata Wali Kota, sesuai dengan Satya Pramuka Kedua yang berbunyi ‘Menolong sesama, hidup dan mempersiapkan diri membangun Masyarakat’. “Untuk itu perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan,” ucap Kadis Pendidikan Mhd.Hamdani Lubis SH seraya berharap pelantikan itu dapat memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di gugus depan di Kota Pematangsiantar.

Wali Kota juga mengucapkan bahwa tujuan gerakan pramuka adalah menjadikan anggota pramuka yang memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berahklak mulia, berjiwa patriot, disiplin menjujung tinggi nilai-nilai luhur bangsa untuk diciptakan sebagai pemimpin yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur dalam upaya pembangunan bangsa dan negara. Maka dari itu “Melalui dedikasi dan perjuangan kakak-kakak semua segala bentuk tantangan, hambatan dan rintangan akan dapat terselesaikan dengan baik, sehingga pemuda yang berjiwa nasional dan generasi indonesia emas 2045 akan terwujud”, terangnya.

Pada kesempatan tersebut, KaKwarcab H.Kusma Erizal Ginting, SH menyampaikan bahwa gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan formal untuk pembinaan kaum muda dengan sistem pamong, sistem kekeluargaan, sistem kita sebagai orang tua, jadi guru sebenarnya terlebih dahulu kami mohon maaf, bukan hanya sekedar menggurui saja, namun bagaimana dia bersikap sebagai orang tua sambungan dari orang tua yang ada di rumah.

Lanjut H.Kusma Erizal Ginting, SH mengatakan, bahwa prinsip metode dasar kepramukaan melalui sebuah observasi penelitian pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat, pendidikan Pramuka di sini bersifat sukarela dan mandiri yang tentunya ini berharap akan lahir orang-orang yang menjadi kader generasi muda yang mengenal sejarah, mengenal leluhur, mengenal cinta, mengenal kasih, mengenal Iman, mengenal moral, dan akhirnya mereka akan menjadi seorang yang ideal sebagai generasi yang kita harapkan “Generasi Indonesia Emas 2045”, karena 2045 suka tidak suka, mau tidak mau anak-anak yang dihadapan kita sekarang ini justru mereka nanti yang bertanggung jawab terhadap negara kita terhadap nasib bangsa kita ini kedepannya. “Untuk itu ketua Mabigus dituntut berperan aktif dalam membina anggota gerakan pramuka, karena gugus depan adalah garda terdepan dalam gerakan Pramuka,” ucapnya.

Rangkaian pelantikan tersebut selain pembacaan dan penandatanganan Naska Ikrar serta naska pelatikan dan juga penyematan tanda jabatan, juga dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian daerah, juga tarian Samaphore.

Turut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Simon Tarigan, jajaran Prokopicam Siantar Martoba, Ketua MUI Siantar Martoba, para Lurah dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Siantar Martoba, serta para siswa/siswi Gerakan Pramuka gugus depan ranting se-Kecamatan Siantar Martoba.

Berita Terkini