Wali Kota dr Susanti Kagum dan Bahagia Kuatnya Toleransi di Maha Thiruvila di Koil Shri Mariamman Kota Pematangsiantar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA kagum dan berbahagia bisa menghadiri perayaan Maha Thiruvila bersama umat Hindu Pematangsiantar maupun dari daerah lainnya di Sumatra utara. di Kuil Shri Mariamman Jalan Diponegoro No 21 B Kota Pematangsiantar, Minggu (14/7/2024) pagi. Momen ini, dengan jelas menunjukkan begitu rukun dan kuatnya hubungan silaturahmi antara umat beragama di Kota Pematangsiantar dalam menjaga Toleransi.

Kedatangan Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA bersama rombongan disambut hangat dan gembira oleh pengurus Shri Mariamman Kuil dan para umat Hindu, diiringi musik gendang, kemudian pengalungan bunga tanda penghormatan serta memakaikan pakaian khas umat Hindu (Kain Sari).

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya, sangat mengapresiasi perayaan Maha Thiruvila ini, serta berharap perayan suci ini dapat dimaknai sebagai simbul untuk semakin memperkokohkan rasa persatuan dan kesatuan, antara umat Hindu dengan umat beragama lainnya di Kota Pematangsiantar. karena perayaan Maha Thiruvila selain untuk penyucian diri, juga agar terhindar dari hal-hal yang tidak benar, juga merupakan kegiatan sakral sebagai simbol rasa syukur dan penghormatan umat Hindu kepada Sang Pencipta (Tuhan Yang Maha Esa) .

“Kegiatan ini sangat penting, bukan hanya bagi umat Hindu, namun juga bagi masyarakat luas dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ibadah bagi kita, maka dari itu kegiatan ini diharapkan dapat mendorong umat Hindu untuk mengisi jiwanya dengan nilai-nilai keimanan yang implementasinya dapat dilihat dalam pola tingkah laku sehari-hari,” ucap dr Susanti Dewayani Sp.A.

dr Susanti Dewayani SpA juga mengatakan, dalam perayaan Maha Thiruvila ini, “Kepada umat Hindu, khususnya seluruh umat Hindu yang ada di Kota Pematangsiantar jadikanlah kuil ini untuk kegiatan peribadatan yang khusuk, serta sebagai simbul dalam menjaga keharmonisan dan toleransi antara umat beragama,”ajaknya seraya menyampaikan bahwa Kota Pematangsiantar adalah Kota yang selalu menjunjung tinggi Toleransi, untuk itu pentingnya menjaga kerukunan dan kesatuan umat, mengingat Kota Pematangsiantar terdiri dari beragam etnis, agama, ras dan budaya.

Oleh karena itu, saya selaku Wali Kota dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Hindu yang ada di Kota Pematangsiantar khususnya yang selama ini telah berperan aktif di dalam menjaga keamanan, kondusifitas serta menjaga dan merawat toleransi antar umat beragama di Kota Pematangsiantar, kedepannya melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan kerjasama, Kaloborasi dan Sinergitas kita sehingga kita dapat bersama-sama melanjutkan program pembangunan kita untuk Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini, terang Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA juga menyampaikan, bahwa Pinandita Mitun Krisna selama ini yang senantiasa komunikasi dengan pemerintah kota, dan selalu mengupayakan bagaimana umat Hindu di Kota Pematangsiantar dapat bersama-sama duduk dan bergandeng tangan dengan seluruh umat beragama di Kota Pematangsiantar dalam mendukung program pembangunan kota Pematangsiantar, serta juga selalu mengupayakan Bagaimana Kuil Shri Mariamman ini berkembang, dan tadi infonya akan direncana pembangunan menara patung dewa umat Hindu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, untuk kita berdoa bersama-sama semoga niat baik dari kita semua, terutama dari seluruh umat Hindu dapat terlaksana dan dapat dimudahkan dalam pelaksanaannya, ungkap dr Susanti Dewayani SpA menutup sambutannya.

Sebelumnya Pinandita, Mitun Krisna, mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang setinggi – tingginya kepada Wali Kota Pematangsiantar ibu dr Susanti Dewayani Sp.A yang sudah ke sekian kalinya selalu meringankan langkahnya untuk hadir di setiap kegiatan keagamaan umat Hindu, meskipun begitu sibuk dengan kegiatan-kegiatan lainnya, terutama dalam Perayaan Maha Thiruvila di Kuil Shri Mariamman hari ini,” kata Mitun.

“Kami juga bangga melihat Kota Pematangsiantar, dimana Kota Pematangsiantar adalah Kota yang sangat Toleransi, dibuktikan dengan selalu konsisten dari Pemerintah Daerah, Polri dan TNI serta organisasi masyarakatnya selalu mendukung, dan dapat hadirnya para bapak/ibu yang ada di Kuil Shri Mariamman kami ini dalam perayaan Maha Thiruvila, ini menunjukkan kami umat Hindu kota Pematangsiantar dan umat Hindu Sumatera Utara betapa rukun dan kuatnya tingkat Toleransi, hubungan antara umat beragama di Kota Pematangsiantar, ucap Pinandita, Mitun Krisna.

Dalam acara perayaan Maha Thiruvila, selain Wali Kota dr Susanti Dewayani Sp.A, tampak hadir mewakili Kapolres Pematangsiantar, KBO Sat Binmas, IPTU. Marwan, mewakili Dandim 0207/Simalungun, Kadis Pendidikan Mhd.Hamdani Lubis SH, Kabag Prokopim Suherman S.Sos.I, Kabag Kesra Irwansyah Saragih, Camat Siantar Selatan Henri Gunawan Purba SH beserta Lurah, dan dari Ormas serta umat Hindu kota Pematangsiantar dan umat Hindu se-Sumatera Utara.

Berita Terkini