DPP HIMAPSI Puji Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Atas Pelestarian Budaya dan Adat Simalungun

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani, Sp.A didampingi Ketua Dekranasda Kota Pematangsiantar H Kusma Erizal Ginting, SH menerima kedatangan jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) dirumah dinas Wali Kota, Sabtu pagi 22 Juni 2024.

Wali Kota dr Susanti mengatakan bahwa Pemerintahan kota tetap konsisten dalam pelestarian budaya Simalungun di Pematangsiantar, berbagai program terus kita lakukan untuk mendukung pengembangan budaya Simalungun,” Kata Wali Kota.

Wali Kota dr Susanti mengatakan kurikulum budaya simalungun terus diterapkan di sekolah sekolah, untuk Semboyan Kota Pematangsiantar yakni sapangambei manoktok hitei Juga akan di cantumkan dalam logo Kota Pematangsiantar begitu juga dengan mars kota Pematangsiantar akan segera diperdakan oleh DPRD Kota Pematangsiantar.

“Untuk Mars kita sudah punya mars Pematangsiantar dengan berbagai perlombaan, Mars Kota Pematangsiantar sedang sosialisasi publik,” katanya.

“Begitu juga dengan berbagai kegiatan lainnya yang mengembangkan kelestarian budaya Simalungun akan terus kota lakukan. Termasuk untuk Berdirinya Patung Raja Sangnaualuh,” kata Wali Kota.

Sementara itu Ketua DPP Himapsi Dian G Purba Tambak, SE MSi mengatakan sangat mengapresiasi kepdulian Ibu Wali Kota tehadap perkembangan budaya Simalungun.

” Selama Pemerintahan Ibu sangat luar biasa termasuk soal Simalungun,” kata Ketua DPP.

Dian juga menuturkan sangat mengapresiasi bahwa pembangunan patung raja sangnawaluh yang akan segera terealisasi.

“Sepertinya semangat ibu Wali dalam membangun Kota Pematangsiantar dengan melestarikan budaya Simalungun sangat luar biasa,” ucapnya.

Dian juga menuturkan bahwa Himapsi sudah terbentuk di berbagai kecamatan, Kedepan Dian menyampaikan berbagai program pengembangan Budaya agar Himapsi dapat disertakan.

Beberapa rekomendasi Himapsi kepada Ibu Wali Kota disampaikan dalam bentuk tertulis diantaranya Himapsi sebagai Pendukung pelaksana acara Pekan Raya Sumatera Utara perwakilan Siantar, Siantar Kedepan dapat menjadi puncak Pesta Rondang Bittang, Himapsi sebagai Pemandu Pelestarian Budaya Simalungun, Dian menuturkan Himapsi memiliki sanggar tari dan Dihar.

Turut mendampingi Wali Kota, Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting, SH
Acara dirangkai dengan silatuhrahmi dan Makan bersama.

rombongan Himapsi yang hadir diantaranya Sekjend DPP Himapsi : Jheny Y Saragih, MPd Ketua Bidang OKK DPP Himapsi : Riahdo Girsang, Sekretaris Bidang OKK DPP Himapsi/Ketua DPC Himapsi Siantar : Dedi Wibowo Damanik, Sekretaris Bidang KKW : Citra Damanik SPd, Ketua Bidang Hukum, Politik, dan HAM DPP Himapsi : Jan Roi Purba, SIP, Sekretaris Panitia Musyawarah Cabang Himapsi Siantar : Angga Tamba, Sekretaris BPO Himapsi/Ex Ketua Umum : Rado Damanik.

- Advertisement -

Berita Terkini