Sudah Masuk 20 Besar Finalis Duta Bahasa Sumut, Menuju Juara : Mahasiswi Berprestasi Asal Asahan Mohon Dukungan Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Kisaran – Mahasiswi semester 2 Universitas Asahan (UNA) dalam masa persiapan pembekalan menuju malam puncak Tanggal 22 Mei 2021 di Kantor Balai Bahasa Sumatera Utara Jl. Kolam (ujung) No. 7, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan.

Hal tersebut dikatakan Mahasiswi UNA yang juga peserta Duta Bahasa Sumut, Sonia Elfiatama kepada wartawan pada sesi wawancara, Kamis (22/5/2021).

Sonia Elfiatama, mahasiswi semester 2 sedang menempuh pendidikan pada prodi Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) juga mengatakan bahwa ia masih mempersiapkan diri untuk menghadapi tes Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia (UKBI).

“Dari kisaran akan berangkat ke Medan untuk taklimat II dan tes UKBI pada tanggal 22 Mei 2021. Kepada masyarakat khususnya keluarga besar masyarakat kabupaten Asahan, saya mohon dukungan like, share, dan komentar positif pada unggahan akun di Instagram @balaibahasa.sumut dan @dubas.sumut di foto saya nomor finalis 02_Sonia Elfiatama,” ungkap Sonia warga Kota Kisaran yang beralamat di Jl. Penggalang Kel. Tebing Kisaran, Kec. Kota Kisaran Barat Kab. Asahan.

Saya sudah masuk dalam 20 besar finalis Duta Bahasa Sumut. Kemudian tanggal 28-30 Mei 2021 nanti akan mengikuti karantina di Balai Bahasa Medan, sebelum malam puncak yang akan digelar pada tanggal 30 Mei 2021 mendatang.

Pada kesempatan sebelumnya, Sonia menjadi perbincangan banyak orang tatkala Rektor UNA, Prof. Dr.Tri Harsono, M.Si memanggil dan memperkenalkan dirinya dalam satu kesempatan sebagai satu – satunya perwakilan mahasiswi di kampus beralmamater kuning kebanggaan masyarakat Asahan, menjadi Duta Bahasa Sumatera Utara (Sumut) tahun 2021.

Sonia mengkisahkan mula perjalanan dirinya sejak mendaftarkan diri tanggal 4 April lalu, bersama 10 mahasiswa UNA mengikuti seleksi duta bahasa di tingkat kampus mulai dari tahap seleksi berkas, wawancara yang diikuti hampir 200 orang perwakilan mahasiswa se-Sumatera Utara dari berbagai perguruan tinggi dan berbagai jurusan.

“Lalu diumumkanlah 60 besar, alhamdulillah dari UNA hanya Nia sendiri yang lulus. Kemudian lanjut tahap wawancara II serta tatap muka langsung di balai bahasa Sumut didampingi dosen pebimbing,” ujarnya.

Langkah perjuangannya hingga sejauh itu ternyata direspon positif dan mendapat dukungan dari pihak kampus salah satunya ia dipanggil oleh Ketua Yayasan UNA, Drs. Mapilindo, M.Pd yang berjanji akan memberikan hadiah berupa gratis biaya perkuahan hingga tamat jika dia masuk pada kategori pemilihan.

“Bapak Ketua Yayasan UNA juga menjanjikan bonus jika meraih dua besar maka akan di berikan beasiswa S2 dan ada peluang jadi dosen,” kata Sonia.

Peluang dan tawaran itu tentu saja dijadikan Nia sebagai cambuk motivasi bagi dirinya. Mengingat perjuangan dan pendaftaran dirinya untuk bisa berkuliah juga setelah proses panjang. Nia bukanlah belatar bekalang keluarga mampu.

Di tempat berbeda Camat Kota Kisaran Barat, Lukman Hakim S.Ag, M.Si mengatakan akan mendukung warganya. Apalagi ini terkait prestasi pemuda-pemudi penerus bangsa, saya akan membantu menshare serta like pada akun instagram yang dimaksud.

“Mari bantu warga kita yang terbalut dalam keluarga besar Asahan, bantu like, share, dan komentar positif pada unggahan akun di Instagram @balaibahasa.sumut dan @dubas.sumut di foto nomor finalis 02_Sonia Elfiatama atau ikuti link instagram berikut https://www.instagram.com/p/CPBPTxMjd-K/?utm_medium=copy_link , “ungkap Camat Kota Kisaran Barat. (Tigan)

- Advertisement -

Berita Terkini