NU Pacet dan Banser Cipanas Cianjur Gelar Dialog Kebangsaan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Cianjur – Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pacet dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur menggelar dialog kebangsaan bersama dengan Yayasan Zekheus, Yayasan Gema Elim dan SMP Harapan Kasih Bangsa hari Selasa (4/5/2021) di Aula SMP Harapan Kasih Bangsa Jalan Mariwati, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Dialog kebangsaan ini mengambil tema “Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Kehidupan Berbangsa, Bermasyarakat dan Beragama” yang dihadiri oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Pacet KH Dadang Farid, Satkoryon Banser Kecamatan Cipanas Riyan Zaenul Anwar, Ketua Yayasan Zekheus Joshua Gunawan, Kepala SMP Harapan Kasih Bangsa Dr Yarton dan tokoh masyarakat KH Raden Encun serta tamu undangan yang lain.

KH Dadang Farid, Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Pacet dalam sambutannya mengatakan toleransi antar umat beragama perlu kita rawat dan dilestarikan karena negara kita adalah negara dengan banyak pemeluk agama ada Islam, Protestan, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Dalam hal ini, sambungnya, Nahdlatul Ulama mendorong warganya untuk senantiasa meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama. Bagi Nahdlatul Ulama, Islam adalah agama yang ramah dan damai. Dengan nilai-nilai ke-Indonesia-an yang terkandung dalam Islam, Nahdlatul Ulama menjadi barometer kegiatan keagamaan yang moderat (tawasuth).

NU Pacet dan Banser Cipanas Cianjur
NU Pacet dan Banser Cipanas Cianjur foto bersama

“Semangat cinta tanah air (ruh al-wathaniyah) menjadikan Nahdlatul Ulama sadar bahwa keanekaragaman bangsa ini harus dipertahankan. Oleh sebab itulah, keberagaman yang ada di Indonesia jangan sampai memecah-belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

Riyan Zaenul Anwar, Satkoryon Banser Cipanas menyatakan siap bersama-sama dengan kelompok lintas agama dalam menciptakan kerukunan dimasyarakat.

“Kami Satkoryon Barisan Ansor Serba Guna (Satkoryon) Kecamatan Cipanas siap bersama-sama dengan kelompok lintas agama dalam menciptakan kerukunan dan ketertiban di khalayak luas,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Zekheus Joshua Gunawan berterima kasih karena kegiatan ini bisa terselenggara dengan lancar dan sukses.

“Semoga dialog kebangsaan memberi manfaat yang banyak dan kegiatan ini bisa dirutinkan diwaktu selanjutnya” tutup Joshua.

Setelah selesai dialog kebangsaan ini, dilanjutkan dengan bagi-bagi takjil bagi warga masyarakat sekitar. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini