ISNU Langkat Mengisi Safari Ramadhan di Teluk Aru

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Langkat Sumatera Utara mengisi Safari Ramadhan di malam Nuzul Quran puasa ke 16 Ramadhan atau bertepatan 28 April 2021.

Safari Ramadhan ini bersama teman-teman Club’ Motor Pangkalan Brandan, Komunitas Generasi Muda Melinial Teluk Aru, Alkhairat dengan tujuan untuk mempererat silaturahim di antara sesama kaum muslimin.

Melaui acara ini dirangkaikan pula buka puasa dan shalat Tarawih bersama dirumah kediaman Wakil Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Syafril Anwar SPdI atau yang sering disapa dengan Cak Nuar dan menjadi lokasi Safari Ramadhan di Masjid Al Iman Lingkungan 4 Paya Kiri tengah, Kelurahan Pelawi Utara, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat, Buya Dhev mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu program PC ISNU Kabupaten Langkat. Karena itu, ia juga memberikan semangat kepada para dai muda nahdliyin yang terjun ke masyarakat untuk menyampaikan ceramah dengan bil hikmah, sejuk, dan tidak memprovokasi para jamaah.

Para mubaligh yang diturunkan adalah tim yang dianggap mampu mengemban tugasnya sebagai dai muda nahdliyyin mereka telah melalui proses belajar, dan sebelum turun telah dilakukan proses penyamaan konsep dengan tema yang akan disampaikan. “Tugas kita menyampaikan (dakwah) sesuai dengan Al-Qur’an, Hadits, dan ajaran para ulama serta para kiyai terdahulu,” jelasnya Buya Dhev.

Intinya Safari Ramadhan ini tanggung jawab keagamaan maupun kebangsaan yang tak akan pernah terhenti sepanjang masa dan hayat.

“Sederhananya, ceramah dengan hikmah adalah ceramah yang membangkitkan semangat bagi pendengar untuk secara konsisten melakukan amal perbuatan yang bermanfaat baik bagi diri maupun bagi setiap makhluk di bumi ini,” ungkapnya.

Dijelaskan, konsep dakwah yang sejuk dalam Safari Ramadhan diarahkan pada seruan qalbu (hati) atau pribadi umat. Artinya, dakwah menekankan sifat-sifat mulia untuk menyeimbangkan hubungan baik antara pribadi dan makhluk hidup secara keseluruhan maupun hubungan manusia kepada Allah SWT. Hal itu juga sesuai dengan spirit Ramadhan yang sesungguhnya.

“Orientasinya adalah adanya pemahaman kesadaran umat atau warga akan pentingnya iman, takwa, dan Tri Kerukunan,” pungkasnya.

Acara Syafari Ramadhan dimasjid Al Iman ini Wakil Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Cak Nuar sebagai MC Protokol Acara dengan rangkaian acara Sholat Isya, kata sambutan dari Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat yang disampaikan oleh Buya Dhev seiring itu pemberian bingkisan berupa sembako yang dibagikan kepada kaum dhuafa fakir miskin, dan kain sarung untuk iman masjid serta di akhiri Ceramah 15 menit dalam pandangan manajemen qolbu dari tim Syafari Ramadhan PC ISNU Kabupaten Langkat sebagai Penceramah Tausiyah di malam Nuzul Quran Ustadz Rahman Al Hasan Al Langkati.

“Malam Nuzulul Quran adalah salah satu malam istimewa di bulan Ramadhan, karena diyakini sebagai malam dimana diturunkannya Al-Quran. Saat itu Nabi Muhammad berusia 40 tahun, ketika beliau sedang berada di Gua Hira, menerima wahyu pertamanya, yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5. Ayat selanjutnya turun 3 tahun kemudian, yakni Surat An Nashr,” jelas Ustadz Rahman.

Ia menjelaskan, bulan Ramadhan adalah bulan pembakaran. Muslim yang berpuasa dilatih dan ditempa selama sebulan penuh untuk menjadi manusia yang bertakwa. “Dengan berpuasa kita dilatih untuk disiplin, kejujuran dan saling berbagi kepada sesama,” ujarnya mengupas hikmah berpuasa.

Orangtua mengajarkan kepada anaknya berpuasa adalah untuk melatih anak tersebut dan menanamkan nilai-nilai Alquran. “Yakni, berpuasa merupakan perintah yang Allah SWT turunkan kepada umat terdahulu dan berlaku pula untuk seluruh umatnya Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.

Hikmah lain berpuasa adalah mencegah seseorang berlaku sombong. “Berpuasa juga melatih diri kita agar tidak sombong. Untuk menghilangkan rasa sombong maka, ucapkanlah Bismillahirohmanirrohim. Dengan mengucapkan Bismillah atau Basmalah kita akan selalu mengingat Allah SWT,” papar Ustadz Rahman.

Acara Safari Ramadhan PC ISNU Kabupaten Langkat dipimpin langsung oleh Ketua PC ISNU Kabupaten Langkat Dhevan Efendi Rao SH SPd, Wakil Ketua Syafril Anwar SPdI, Sekretaris Bahtiar SPdI, Wakil Sekretaris Lindawati Al Kahfi Hrp SPd, Wakil Bendahara Rika Purwanti SPdI, bersama A’wan Syuriyah NU Langkat Mas Didik Darmadi SPd, dan Ustadz Rahman Al Hasan Al Langkati sebagai Penceramah Tausiyah di malam Nuzul Quran.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh BKM Al Iman, Club’ Motor Pangkalan Brandan, Komunitas Generasi Muda Melinial & Remaja Masjid Al Iman serta seluruh Jama’ah Sholat Isya, dan Terawih Dimasjid Al Iman Paya Kiri Pelawi Utara. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini