Jum’at Perdana Ramadan, Jama’ah Masjid Amal Silaturrahim Baru Membludak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sholat Jum’at Pertama Ramadan hampir di seluruh Masjid yang ada di Kota Medan Sumatera Utara, dipenuhi jama’ah tidak seperti biasanya.

Hal inilah merupakan salah satu keberkahan bulan Ramadan, semangat kaum muslimin dalam melaksanakan ibadah sholat begitu bersemangat, di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini. Begitu juga pelaksanaan sholat Jum’at pertama di bulan Ramadan, tepatnya Masjid Amal Silaturrahim baru yang berada di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area, jama’ah yang sholat membludak hingga ke teras Masjid.

“Inilah keberkahan bulan Ramadan, antusiasme masyarakat mukimin dan jama’ah yang berkerja di dekat Masjid ini begitu besar, hingga memenuhi ruang utama sholat, bahkan di lihat dari pantauan CCTV Masjid, jama’ah hingga tersisa shaf sampai teras luar, ini tidak pernah terjadi sebelumnya,” ujar Zaharuddin Pane Sekretaris BKM Masjid Amal Silaturrahim baru kepada media, Jumat (16/4/2021).

Meskipun jama’ah Sholat Jum’at Pertama di Masjid Amal Silaturrahim baru membludak, namun masih tetap tertampung di teras belakang dan samping kiri-kanan Masjid.
Bertindak sebagai Khatib dan imam Sholat Jum’at, Kepala KUA Medan Area, Al-Ustad Abdul Muis. Dalam khutbah Jum’at, Al-Ustad memberikan pandangan mengutip surat Luqman di dalam Al-Qur’an, agar setiap anak mematuhi dan memuliakan orang tuanya dan sebaliknya orang tua memberikan keteladanan ada anak.

“Dalam surat Luqman, Allah SWT memerintahkan hendaklah setiap anak mematuhi dan menghormati orang tuanya dan setiap orang tua memberikan keteladanan, sopan santun dan adab yang baik, terlebih pada bulan Ramadan ini, agar tumbuh sikap kasih sayang sebagaimana dicontohkan Lukman dalam memberikan pelajaran pada anak,” kata ustadz Muis dalam khutbahnya.

Bulan Ramadan merupakan bulan pelatihan bagi diri setiap orang yang beriman. Melatih kesabaran, keikhlasan, saling berbagi dan bermusahabah. Karena dalam setiap apa yang kita lakukan, semuanya akan dipertanggung jawabkan kehadirat Allah SWT.

“Marilah di bulan Ramadhan ini kita tingkatkan kualitas amalan ibadah, Ramadan bulan yang penuh Maghfiroh, Rahmat dan pembebasan dari api neraka, maka apapun yang kita kerjakan di dunia ini, semuanya akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak. Termasuk sejengkal tanah yang menjadi hak orang lain, dikuasai tanpa kerelaan atau keikhlasan, maka kelak tanah tersebut akan digantungkan di lehernya pada hari akhirat kelak, jadi menguasai tanah orang lain tanpa adanya kerelaan pasti akan di hisab dihadapan Qodhi Rabbul Jalil,” tambah Ka. KUA Medan Area kepada jama’ah sembari mengingatkan.

Sholat Jumat di Masjid Amal Silaturrahim baru berlangsung tertib dan tetap mengedepankan standar protokol berupa penggunaan masker. (AS)

- Advertisement -

Berita Terkini