Badan Kesbangpol Aceh Gelar Sosialisasi Pembauran Kebangsaan di Aceh Timur

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Aceh Timur – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Aceh Timur menyelenggarakan Sosialisasi Pembauran Kebangsaan, di Aula Dinas Syariat Islam Aceh Timur, Selasa (10/2/2021).

Tema Kegiatan Ini “Kepedulian dan kebersamaan di era adaptasi kebiasaan baru dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”.

Adapun peserta sosialisasi seluruhnya berjumlah 50 orang terdiri dari Camat, Geuchik, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Kegiatan ini dibuka Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib SH melalui staf ahli Bupati Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Kerjsama Dr Darmawan Ali M SID.

Dr Darmawan dalam sambutan dan arahannya, dirinya mengapresiasi Pemerintah Provinsi melalui Badan Kesbangpol Aceh yang menyelenggarakan sosialisasi Pembauran Kebangsaan ini.

“Atas nama Pemerintah Aceh Timur, saya menyambut baik dengan dilaksanakannya acara pada hari ini. Untuk mendukung dan memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa, pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah membentuk forum pembauran kebangsaan (FPK) dimana fungsi utama forum ini adalah untuk memberikan pencerahan dan pendidikan akan pentingnya pembaruan kebangsaan bagi masyarakat, juga memberikan sejumlah rekomendasi kepada kepala daerah dalam pemeliharaan pembaruan kebangsaan,” kata Dr Darmawan.

Harapannya, dengan dilaksanakan acara ini dapat terciptanya wahana pertukaran informasi dan menambah wawasan berkaitan dengan pembaruan kebangsaan di kabupaten Aceh Timur.

“Saya berharap kepada tokoh yang hadir agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, hindari terjadinya gesekan yang menimbulkan disharmoni dalam kehidupan beragama, jalin komunikasi yang intensif baik vertikal, horizontal sampai masyarakat paling bawah, saya juga berharap kegiatan ini tidak berakhir sampai disini, tetapi ada follow up dari kita semua guna terciptanya kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di kabupaten Aceh Timur,” pinta Dr Darmawan.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Aceh Drs Mahdi Efendi melalui Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Munarwansyah SE MM dalam sambutanya mengharapkan dengan terlaksanakan kegiatan ini dapat bekerjasama secara harmonis, sinergis, efektif dan efisien dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Sebagai kepala Kesbangpol Aceh, saya berharap program pembaruan kebangsaan dapat dilakukan secara terus menerus, mengingat tingkat kemajemukan masyarakat Aceh sangat tinggi, untuk itu mari kita merapatkan barisan menyambung ukhuwah dan memperkecil kesenjangan sehingga dapat terciptanya kedamaian antara etnis, suku, ras, budaya dan adat istiadat sehingga dapat meningkatkan khitmat dan martabat dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang pluaralisme ini,” ujar Munawarnsyah SE MM.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kesbangpol Aceh Timur Amiruddin, Staf Ahli Bupati Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Kerjasama Dr Darmawan Ali M SID, perwakilan Kesbangpol Aceh, Keuchik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan anggota FPK dalam beberapa kecamatan di Aceh Timur.(Iwan)

- Advertisement -

Berita Terkini