Gerbang Simpang Bupati Stabat, Akan Menjadi Kado Spesial di Hari Jadi Langkat Ke-271

Gerbang Simpang Bupati
Gerbang Simpang Bupati Langkat masih dengan ciri khas ornamen melayu (atas) dan tanpa ornamen melayu (bawah). (Dok. Istimewa)

MUDANEWS.COM, Langkat – Hilangnya ornamen Melayu di gerbang selamat datang simpang Bupati Stabat membuat resah dan geram masyarakat adat Melayu Langkat. Dari masa kepemimpinan Bupati sejak periode ke periode baru kali ini dilenyapkannya ornamen Melayu di seni bina bangunan Pemerintah Kabupaten Langkat.

“Terima kasih Pak Bupati dan Pak Sekda sudah membangun gerbang selamat datang di simpang Bupati Stabat yang melenyapkan ornamen Melayu sebagai jati diri kabupaten Langkat nan bertuah,” ujar Agusma Hidayat selaku Wali Utama PB MBN Langkat yang didampingi oleh Muhammad Akbar selaku Setia Usaha Utama pada Sabtu (16/01/2021).

“Kami ingin memberikan masukan dan saran tentang desain bangunan gerbang tersebut memasukkan ornamen Melayu yang sesuai dengan adat resam Melayu serta kalima Tabik Tuan dan Puan di Bumi Langkat Nan Bertuah masuk dalam desain tersebut,” lanjutnya lagi.

“Kami ingin memastikan item ornamen Melayu yang disampaikan Pemkab Langkat benar adanya di R APBD 2021,” ungkapnya.

“Kami ingin dimasa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Langkat saat ini menetapkan Peraturan Bupati tentang Ornamen Melayu di setiap bangunan pemerintah kabupaten Langkat dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke bawah,” terangnya melanjutkan.

“Sehingga dimasa kepemimpinan beliau jelas wujud nyata kontribusinya membangun kemelayuan sebagai jati diri kabupaten Langkat yang kita cintai,” lanjutnya.

“Sebab di masa kepemimpinan beliaulah Perbup tersebut di tetapkan sehingga dapat berkesan dalam hati sanubari masyarakat Melayu yang akan terus di ingat sampai anak cucu dan akan di catat dalam sejarah akan jasanya membangun kemelayuan,” jelasnya.

“Semoga hal ini dapat tercapai melalui dialog kita besok yang akan di fasilitasi oleh DPRD Langkat sebagai wakil kita parlemen,” pungkasnya mengakhiri. (Red)