Kedengkian Melihat Kebaikan Orang Lain

Beri Pesan ke Anak Jalanan, Risma: Jangan Lari dari Kenyataan
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Net/Foto)

MUDANEWS.COM – Seharusnya kita mencontoh aksi blusukan dan kepedulian Risma kepada para gelandangan, pemulung dan tunawisma yang ada disekitar kita, dan jika perlu menjadikan inspirasi bagi para pejabat juga.

Kepedulian Risma kepada lingkungan tempat kerja-nya, dilatarbelakangi oleh perintah Nabi Muhammad SAW agar perduli orang miskin dan menafkahkan sebagian harta mereka untuk membantu kebutuhan sesama. Dan hal ini menggambarkan kasih sayang seorang Muslim kepada sesama-nya.

Kalau kita mau jujur, bahwa selama ini kita sebenarnya tidak pernah perduli kepada lingkungan kita, apalagi kepada pemulung, gelandangan dan tuna wisna yang sering terlintas dimata kita tapi tidak pernah terekam di memori otak kita.

Tapi ketika ada seorang Risma yang perduli kepada lingkungan sekitar kantor-nya lalu tergerak untuk menyapa serta berbuat baik kepada pemulung, gelandangan dan tuna wisma, tiba-tiba terjadi reaksi dari orang-orang yany tersentak dan terhenyak karena menyadari bahwa mereka selama ini tidak pernah perduli dengan lingkungan sekitar-nya.

Ada yang bereaksi simpati kemudian ikut mengikuti jejak Risma tapi ada juga yang karena malu, lalu bereaksi antipati, bahkan bukan hanya mencibir tapi juga mencaci maki kebaikan Risma tersebut baik secara verval maupun tulisan/meme/video yang bernada fitnah dan hasutan.

Padahal firnah dan hasutan tersebut merupakan salah satu akhlakul mazmumah, yakni iri dan dengki yang disebabkan dari hati yang tidak merasa senang apabila melihat orang lain lebih baik dari dirinya.

Oleh : Inas N Zubir