Pelantikan PW ISMI Sumut, Momentum Kebangkitan SDM Melayu

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pelantikan Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Melayu Indonesia Sumatera Utara (PW ISMI Sumut) Periode 2020-2025 di Aula Kampus UMSU Jalan Moctar Basri pada Selasa (24/11/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa tokoh melayu H Syamsul Arifin Ketum PB MABMI, Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MBA MSi Ketum PB ISMI, anggota DPR RI Datok H Djohar Arifin, Pemangku Adat Dt Adil Aberham, Rektor Universitas Panca Budi, serta Rektor – Rektor di Sumatera Utara dan yang memfasilitasi acara Pelantikan Rektor UMSU, Dr Agussani serta Undangan lainnya

Acara dimulai tarian selamat datang, pembaca alquran oleh Dr Mustafa Kamal Rokan, Doa Dr Akmaluddin MHum, laporan ketua panitia Dr Hasan Sazali MA. Mengucapkan ribuan terima kasih ke pada Rektor UMSU yang telah membantu acara dan pihak-pihak lain. Acara ini bertemakan peningkatan dan penguatan SDM sarjana melayu di Sumatera utara.

Sekapur sirih Rektor UMSU Dr Agussani MAP sebagai komitmen sebagai Putra Melayu sehingga semua fasilitas pelantikan PW ISMI disiapkan serta mengucapkan terima kasih kepada Datuk H Syamsul Arifin SH. “Sebagai mentor dan tetap meneruskan petuah Datuk untuk tidak berpolitiK,” ujar Rektor.

UMSU menggalakkan budaya Melayu lewat berbalas pantun pada Mahasiswa dan juara 3 di kawasan Asean di masa pandemi ini dengan media zoom serta lewat Radio UMSU ada acara “Maya Khabar” yang diinisasi setelah acara Pakat Melayu serta telah mendirikan Pusat Budaya Melayu.

Prosesi Pelantikan dipandu oleh Sekjen PB ISMI Prof Ismi Abdullah dengan Ketua PW ISMI Sumut Dr H Abdul Rahim, Sekum Fadli Abdina, SP Bendahara Dr Sri Rezeki disertai oleh pengurus-pengurus lain dilantik dan penyerahan petaka oleh Ketum PB ISMI Dr Ir H T Erry Nuriadi.

Hal yang unik dalam pelantikan dimodifikasi karena Covid-19 acara salaman digantikan dengan tepung tawar secara global dan acara serah terima balai sebagai perekat budaya.

Ketua PW ISMI Sumut Dr Abdul Rahim dalam sambutannya mengatakan sarjana melayu harus berperan aktif dalam pembangunan khususnya di Sumatera Utara. “Harus lebih banyak untuk berkontribusi dan mampu memberikan gagasan-gagasan pemikiran baik pada isu daerah dan nasional,” harapnya.

Sementara Datuk Sri Lilawangsa, Ketua PB MABMI H Syamsul Arifin SE mengatakan kita harus saling mengisi, jangan saling menuding tanpa saling menyalahkan, buang sifat riya, uyup. Para Rektor untuk bisa membuat restra pemberdayaan dan pembangunan Melayu.

Datuk Syamsul sangat mengapresiasi terhadap kemajuan UMSU yang sangat luar biasa. “PB MABMI mendukung sepenuhnya PW ISMI sehingga menghasilkan kader Melayu yang tangguh dan memberikan kontribusi bagi pembangunan,” ujarnya.

Selain itu, T. Erry mengungkapkan, orang Melayu mempunyai peran penting dalam pembangunan di Sumut, bisa dibuktikan dengan adanya 4 Gubernur pasca reformasi dan banyak Rektor-Rektor yang berasal dari Putra Mulia.

“Tugas berat bagi kita semua terkhusus bagi PW ISMI Sumut yang telah dilantik untuk momentum kita bersatu, hilangkan ego biar semua potensi bisa teroptimal,” harap mantan Gubernur Sumut itu.

Penutup acara diisi dengan penyerahan Beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Berita Medan, red

 

- Advertisement -

Berita Terkini