Beranda SOSBUD Selain Pintar Bicara, Mualimin Melawan Juga Berkarya

Selain Pintar Bicara, Mualimin Melawan Juga Berkarya

Remaja Surau Darul Mukmin dan BKS
Dewi Rahmawati

MUDANEWS.COM, Bandung – Mualimin Melawan, itulah sapaan yang tidak asing untuk salah seorang kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta Selatan. Ia, juga sekaligus novelis. Nama aslinya Muhammad Mualimin. Namanya kian meroket seiring dengan tulisannya yang kontroversial dalam mengkritik organisasi. Ia, muncul ke publik dan dibaca oleh belasan ribu pasang mata.

Ia, pernah menjadi Ketua Umum HMI Komisariat Al-Azhar, Cabang Jakarta Selatan. Kemudian, menjadi Ketua Bidang Hukum dan HAM. Lalu, ia mengundurkan diri dari Pengurus Cabang saat terpilih sebagai Ketua Umum BPL HMI Cabang Jakarta Selatan. Saat ini, ia salah satu pengurus BPL PB HMI dan jadi jurnalis di media online, Tajuk.co.

Pertama kali kenal beliau, saat saya ikut Latihan Kader 2 (LK2) di HMI Cabang Bekasi. Pada 2017 lalu. Ia, menjadi salah satu screener dalam kegiatan tersebut. Ia, disebut-sebut sebagai Master (sebutan untuk instruktur di HMI) yang tegas, galak, dan tidak main-main dalam perkaderan. Sejak itu saya sering membaca tulisan-tulisannya di media online.

Kemudian pada tahun 2018, saya mendapat tugas praktikum sekaligus penelitian selama 3 bulan di Jakarta. Dari situ, saya mulai banyak mengetahui beliau dan teman-teman Master Cabang Jakarta Selatan lain, seperti Master Latifah, Rangkuti, Rizal dan Andre. Kami sering diskusi dan tukar pikiran di Jalan Ampera. Kami membahas banyak hal, mulai pendidikan, literasi, hingga perkaderan.

Tak jarang beliau mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan akibat tulisan-tulisannya, seperti diancam. Namun, ternyata di balik tulisan yang keras dan kontroversial, Master Mualimin sosok yang baik, jenaka dan menyenangkan. Ia pun sangat peduli terhadap kader-kader dan pendidikannya. Ia, juga seorang yang manis bagi keluarganya.

Tidak selesai sampai di situ, Master Mualimin kini telah mengorbitkan buku jenis novel, berjudul “Gadis Pembangkang’’. Ia, tampak diminati banyak orang dari seluruh Indonesia. Banyak Kader HMI yang mengagumi karyanya. Bagi saya, karyanya ini sangat menarik dan out of the box, sehingga saya sangat merekomendasikan.

Akhir kata, Master Mualimin adalah sosok yang cerdas, tegas, berani, dan pantang menyerah. Selain pandai bicara, ia juga mampu berkarya. Semoga di masa depan, lahir Mualimin Mualimin baru yang mampu memberikan warna dalam organisasi kita, HMI.

Ditulis oleh: Instruktur BPL HMI Cabang Bandung, Dewi Rahmawati