MUI Langkat, Imbau Umat Sholat Idul Fitri di Masjid dan Tidak Mudik

MUI Langkat, Imbau Umat Sholat Idul Fitri di Masjid dan Tidak Mudik
Ketua MUI Kabupaten Langkat H Ahmad Mahfuz

MUDANEW.COM, Langkat – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Langkat H Ahmad Mahfuz mengimbau kepada umat Islam untuk pelaksanaan Sholat Hari Raya Idul Fithri 1441 H/2020 M, sebaiknya tidak dilaksanakan di tanah lapang/tempat terbuka, namun dilakukan di dalam Masjid/Musholla, memperhatikan situasi dan kondisi saat sekarang ini sedang mewabahnya Covid-19.

“Oleh karena itu, diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Langkat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan diantaranya membawa sajadah masing-masing, memakai masker, tidak berjabat tangan dan jaga jarak, tidak melaksanakan takbiran keliling, BKM menyediakan sarana tempat cuci tangan, sabun dll, serta melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah sholat Id, serta selalu menjaga kebersihan Masjid/Musholla,” ujarnya saat dihubungi mudanews.com, Rabu (20/5/2020).

Namun, Mahfuz meminta bagi jema’ah yang kurang sehat (sakit, demam, batuk) sebaiknya ibadah di rumah saja. Tidak berlama–lama usai sholat Id, langsung pulang ke rumah masing–masing.

“Perbanyak sedekah, dzikir, do’a tolak bala, Qunut Nazila (saat sholat Id) dan mendo’akan Bangsa/Negara Indonesia khususnya Kabupaten Langkat agar terhindar dari wabah Covid-19,” lanjutnya.

MUI Langkat menghimbau, masyarakat untuk tidak mudik (tidak pulang kampung/masuk/ keluar) dari wilayah Kabupaten Langkat pada saat Hari Raya Idul Fithri (Syawal 1441 H agar tidak tertular/menularkan Covid-19.

“Tidak melaksanakan Halal bi Halal secara langsung/secara massal tapi dapat melalui telepon/video call,” sambungnya.

Mahfuz melanjutkan, untuk wilayah Kabupaten Langkat, yang saat ni tidak dalam zona merah atau tidak dalam keadaan sangat darurat, namun jika ada perubahan akan ditindak lanjuti berikutnya. Berita Langkat, red