BAZNAS Salurkan Zakat di 18 Kecamatan, Bupati Tapteng Salurkan Zakat Harta di 2 Kecamatan

BAZNAS Salurkan Zakat Di 18 Kecamatan, Bupati Tapteng Salurkan Zakat Harta Di 2 Kecamatan
BAZNAS Salurkan Zakat Di 18 Kecamatan, Bupati Tapteng Salurkan Zakat Harta Di 2 Kecamatan

MUDANEWS.COM, Pandan – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), telah menyalurkan zakat kepada 11.304 orang mustahak (Orang Yang Berhak Menerimanya) di 18 Kecamatan Se-Kabupaten Tapteng, di luar Kecamatan Barus dan Pasaribu Tobing Tahun 2020, dengan total  Zakat sebesar Rp2.418.500.000.

Hal itu disampaikan Ketua Baznas Tapteng, H Syahfari Hasibuan SP, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/05/2020), di Kantor Baznas Tapteng, Jalan Zainul Basri Hutagalung, Kelurahan Pandan Wangi, Kecamatan Pandan.

Dijelaskannya, bahwa BAZNAS ini baru terbentuk sekitar dua tahun yang lalu, yang dimana sebelumnya namanya adalah Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA), tapi tidak berkembang. Namun, setelah Bupati dan Wakil Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul, maka dibentuklah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kabupaten Tapteng untuk mengambil dan mengumpul zakat, terutama dari para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dari para pengusaha lainnya.

“Untuk penyaluran zakat sendiri, BAZNAS Tapteng telah menyalurkan zakat selama dua tahun berturut-turut, dan pada tahun yang lalu kita salurkan masih sangat terbatas. Sedangkan untuk tahun 2020 ini, kita telah menyalurkan sebanyak 11.000 orang untuk fakir miskin, sebanyak 174 orang untuk Muallaf dan sebanyak 263 orang untuk Fisabilillah/Guru Mengaji malam,” jelas Ketua Baznas Tapteng H Syahfari Hasibuan, SP.

Sambungnya, pendapatan zakat di Kabupaten Tapteng setelah digerakkan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani, BAZNAS berhasil mengumpulkan Zakat sebesar Rp2,4 milyar lebih, bahkan Rp2,5 milyar lebih dari 2019 hingga 2020 ini, Jadi ada sekitar Rp2,5 milyar yang dapat terkumpul, baik dari zakat PNS, pengusaha, masyarakat maupun zakat Bupati sendiri.

“Zakat ini telah kita salurkan ke seluruh Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah kecuali Kecamatan Barus, karena tahun ini, sesuai dengan permintaan Bapak Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani ke kami selaku pengurus BAZNAS Tapteng, bahwa khusus untuk Kecamatan Barus pada tahun 2020 ini, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan keluarga akan menyalurkan Zakat hartanya kepada mustahaknya atau orang yang berhak mendapatkannya, selebihnya telah kita salurkan,” ungkapnya.

Lanjut, khusus untuk Kecamatan Badiri, Pinangsori, Lumut, Sibabangun dan Sukabangun, penyaluran Zakat yang dilaksanakan BAZNAS diikuti oleh Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul dan Ketua DPRD Tapteng Pak Khairul Kiyedi Pasaribu.

“Karena mengingat penyerahan zakat bersamaan dengan penyerahan sembako oleh Pemkab Tapteng  kepada masyarakat. Gerakan mengeluarkan zakat ini tentunya gerakan yang sungguh luar biasa. (Gerakan Hati Nurani Dari Bupati Kepada Masyarakatnya, red),” katanya.

Lanjut H Syahfari Hasibuan, SP, membandingkan Bupati sebelumnya dan yang saat ini, perhatian Bupati dan Wakil Bupati saat ini kepada masyarakatnya dari segi Zakat, sungguh luar biasa.

“Kami mengucapkan terima kasih dan bangga kepada Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani, mudah-mudahan dapat semakin meningkat di tahun-tahun yang akan datang. Kami juga berharap, para pengusaha yang berada di Kabupaten Tapanuli Tengah agar dapat memberikan zakatnya melalui Baznas, atau mungkin juga ada Instansi Vertikal yang ingin memberikan atau menyalurkan zakatnya, agar menyerahkannya melalui Kantor Baznas Tapteng untuk selanjutnya dapat kita salurkan kepada mustahaknya atau orang yang berhak mendapatkannnya,” ungkap Ketua Baznas Tapteng H Syahfari Hasibuan SP.

Informasi yang dihimpun mudanews.com, untuk tahun 2020 BAZNAS menyalurkan zakat untuk 11.304 orang. Sedangkan untuk santunan lanjut usia dan fakir miskin sebanyak 11.000 orang, masing masing orang menerima Rp200.000, kemudian untuk muallaf sebanyak 174 orang, masing-masing menerima Rp 500.000, dengan jumlah sebesar Rp. 87.000.000, sedangkan sebanyak 263 orang lainnya adalah untuk Fisabilillah atau guru mengaji malam, masing-masing menerima Rp 500.000, dengan jumlah Rp131.500.000.

Jumlah yang disalurkan Baznas tahun ini adalah sebanyak 11.304 orang, dengan jumlah uang zakat yang disalurkan sebesar Rp2.418.500.000, untuk ketiga kategori itu. Sedangkan jumlah zakat yang terkumpul adalah sebesar Rp2.550.738.375.

Selanjutnya, Untuk Imfaq dari PNS telah disalurkan untuk anak yatim melalui 69 masjid masing-masing sebesar Rp1.500.000, yang berada di Kabupaten Tapteng, dengan jumlah sebesar Rp103.500.000. Kemudian untuk bantuan proposal beberapa Masjid atau Musholla sebesar Rp44.000.000, rata-rata per mesjid antara tiga juta rupiah sampai dengan tujuh juta rupiah. Jadi untuk kedua item itu, kita telah menyalurkan sebesar Rp. 147.500.000. (Supriadi)