Tidak Pernah Terdeteksi, Tiba-tiba Asteroid Ini Pepet Bumi!

Tidak Pernah Terdeteksi, Tiba-tiba Asteroid Ini Pepet Bumi!
Tidak Pernah Terdeteksi, Tiba-tiba Asteroid Ini Pepet Bumi. (Net/Foto)

MUDANEWS.COM, Jakarta – NASA selalu mendeteksi asteroid dan objek luar angkasa lainnya yang mendekati Bumi lewat Center for Neart Earth Object Studies (CNEOS). Walau sistem ini sudah sangat canggih, tapi masih ada saja asteroid yang lolos dari deteksi.

Seperti kejadian saat asteroid 2020 JJ yang melewati Bumi pada Senin (4/5) lalu. Asteroid ini tidak pernah terdeteksi sebelumnya dan baru ditemukan pada hari itu, namun tiba-tiba mendekati Bumi dan melintas di atas Samudera Pasifik dengan jarak hanya 7.000 km!

Dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (6/5/2020) astronom tidak pernah memperhatikan 2020 JJ karena asteroid itu baru ditemukan menggunakan Mt Lemmon Survey di Arizona tepat saat objek tersebut berada di titik terdekatnya dengan Bumi.

Lewat CNEOS, NASA juga selalu menyimpan catatan tentang asteroid dan objek lainnya yang menghampiri Bumi dengan jarak yang sangat dekat. Dari data yang dikumpulkan sejak 1900-an, 2020 JJ merupakan pendekatan paling dekat keenam yang pernah dicatat.

Perlu dicatat bahwa 10 pendekatan teratas yang dicatat NASA datang sejak tahun 2004 dan setelahnya. Hal ini bukan berarti Bumi makin sering diserang asteroid tapi karena sistemnya yang makin canggih dalam mendeteksi asteroid berukuran lebih kecil dan berjarak lebih dekat.

Asteroid 2020 JJ diperkirakan berukuran 2,7 hingga 6 meter, tidak terlalu besar atau berbahaya dibanding asteroid lainnya. Jika menabrak Bumi pun sebagian besar batu angkasa ini akan terbakar di atmosfer.

Walau tidak berbahaya untuk kehidupan di Bumi, kedatangan 2020 JJ cukup mengkhawatirkan karena jaraknya dengan Bumi lebih dekat dibanding kebanyakan satelit yang mengorbit planet. Asteroid ini dikhawatirkan akan menabrak satelit yang dilewatinya dan mengakibatkan masalah di orbit.

Sumber : detik.com