MUI Langkat, Himbau Umat Salat Jumat di Masjid dan Baca Doa Qunut Nazilah

Masjid Raya Stabat

MUDANEWS.COM, Langkat – Persoalan Virus Corona, Majelis Ulama Langkat (MUI) menghimbau umat Islam untuk Salat Jumat berjamaah di Masjid.

“Kami mengikut Himbauan dari MUI Provinsi Sumatera Utara,” kata Wakil Sekretaris MUI Langkat, Ismail, S.Sos.i, S.Pd, Jumat (20/3/2020).

Sementara Sekretaris MUI Sumut, Dr Ardiansyah menghimbau umat Islam di Sumut tetap shalat Jumat di masjid secara berjamaah.

“Dalam kondisi bagaimanapun, seluruh elemen bangsa ini untuk bersyukur dan sekaligus bersabar dalam menghadapi situasi saat ini. Sebab, semua kejadian di alam semesta ini ada hikmahnya,” kata Dr Ardiansyah, Kamis (19/3/2020).

Menanggapi banyaknya pertanyaan dari masyarakat tentang Fatwa MUI No. 14/2020 dan kaitannya dengan pelaksanaan salat Jumat.

Katanya, apalagi Sumatera Utara hingga saat ini masih hanya pada status siaga belum darurat. Namun bagi yang sedang sakit apalagi sudah positif terpapar Covid-19 dilarang Jumatan dan menggantinya dengan shalat zuhur.

“Jadi, janganlah dijadikan Fatwa MUI No. 14 ini alasan untuk tidak Jumatan apalagi melarang Jumatan kecuali kondisi sudah tidak terkendali dan terhadap individu yang jelas telah terpapar Covid-19 tersebut,” tegasnya.

Lanjutnya, bahwa bangsa kita saat ini sangat butuh kepada doa seluruh anak bangsa dalam menghadapi Virus dan wabah ini.

Oleh sebab itu, Sekretaris MUI Sumut mengajak umat Islam untuk melakukan Qunut Nazilah (berdoa untuk menangkal turunnya mala petaka) di setiap shalat fardhu, dengan tata cara (kaifiyah). Berita Langkat, red