Camat Pamarican, Apresiasi Pengrajin Wayang Golek

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Camat Pamarican, H. Totong Hendriawan, S.Pd. MM., sangat mengapresiasi sekali dengan keberadaan pengrajin wayang golek, yang ada diwilayah Kecamatan Pamarican.

Menurut Totong, para pengrajin kearifan lokal tersebut harus dipertahankan, dan dikembangkan ditengah-tengah era modernisasi seperti sekarang ini. Jangan sampai para pengrajin wayang golek gulung tikar, akibat minimnya pemasaran, bimbingan, permodalan, serta dukungan dari Pemerintah.

“Saya sangat mengapresiasi sekali, bahwa diwilayah Dusun Ciparakan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada pengrajin wayang golek,” ungkap Totong, saat ditemui diruang kerjanya, pada Rabu (11/03/2020).

Totong, mengatakan diwilayah Kecamatan Pamarican, khususnya diwilayah Desa Sukahurip, selain pengrajin wayang golek, ada juga pengrajin lainnya, seperti kuda-kudaan anak, jaran kepang (kuda lumping), coet dari kayu, kerajinan batok, dan kerajinan lainnya.

Totong, menyarankan adanya keterlibatan pihak Pemerintah Desa setempat dalam pengelolaannya, terutama dalam segi pemasaran, permodalan, dan pengembangannya.

Sehingga para pengrajin wayang golek asal Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican ini, lebih dikenal, disamping akan ada peningkatan ekonomi bagi para pelaku usaha tersebut.

“Saya sarankan ada peran aktif pihak Pemerintah Desa setempat, melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), mulai dari pemasaran, hingga pengemasan dibuat semenarik mungkin,” tandasnya.

Bila ada yang berminat memiliki, membeli, dan memesan kerajinan yang dibuat oleh Kelompok Pengrajin “Taruna Jati Sari” bisa menghubungi Bapak Heryanto : 085 314 939 311. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini