Tagana Ciamis, Bersama PP KPH Ciamis dan BKPH Banjar Selatan Lakukan Gerakan Tanam Pohon

Tagana Ciamis, Bersama PP KPH Ciamis dan BKPH Banjar Selatan Lakukan Gerakan Tanam Pohon
Tagana Ciamis, Bersama PP KPH Ciamis dan BKPH Banjar Selatan ketika melakukan kegiatan Gerakan Tanam Pohon.

MUDANEWS.COM, Ciamis – Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita semua, oleh karena itu, Perum Perhutani KPH Ciamis, BKPH Banjar Selatan, bersama Tagana Kabupaten Ciamis, serta Muspika Kecamatan Pamarican, Banjarsari, dan Banjaranyar, mengadakan kegiatan “Gerakan Tanam Pohon”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Area Hutan Gunung Geger Bentang, Petak 85a, Blok TPK Cikotok, Dusun Kertaharja, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (16/01/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, ADM Perum Perhutani KPH Ciamis, Jerry P Nugroho, yang diwakili oleh Kepala Seksi Keuangan, SDM, dan Umum, Jono, Asper BKPH Banjar Selatan, Amar Sukmara, KRPH Banjarsari, Ayep Supriatna, KRPH Banjar, Herianto, KRPH Cicapar, Mulyadi, KRPH Pamarican, Supri, Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, Danramil 1316/Pamarican, Kapten Inf., Diding, yang diwakili Serma Marsusah, Camat Pamarican Drs. Totong Herdiawan, Muspika Kecamatan Pamarican Banjarsari, Banjaranyar, dan tamu undangan lainnya.

Administratur Perum Perhutani KPH Ciamis, Jerry P Nugroho, melalui Asper BKPH Banjar Selatan, Amar Sukmara, mengungkapkan bahwa kegiatan “Gerakan Tanam Pohon” tersebut melibatkan unsur TNI, Polri, Muspika Kecamatan Pamarican, Banjarsari, Banjaranyar, FK Tagana Kabupaten Ciamis, Perhutani, Relawan, dan seluruh element masyarakat.

“Kegiatan gebyar Gerakan Tanam Pohon tersebut, dilaksanakan di petak 85a area Hutan Gunung Geger Bentang, dengan luar wilayah sekitar 6,15 Hektar, dengan jenis pohon yang ditanam berupa bibit tanaman jati sebanyak 5.461 pohon, dan pohon kosambi sebanyak 1.371 pohon,” jelasnya.

Lanjut Amar, adapun tujuan dari kegiatan Gerakan Tanam Pohon ini, adalah untuk menjaga kelestarian alam, dan sumber mata air.

Amar, menambahkan kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya konservasi untuk pencegahan dini bencana alam dalam jangka panjang, serta kesiapsiagaan, agar bencana kekeringan, dan tanah longsor dapat dicegah.

Tagana Ciamis, Bersama PP KPH Ciamis dan BKPH Banjar Selatan Lakukan Gerakan Tanam Pohon
Tagana Ciamis, Bersama PP KPH Ciamis dan BKPH Banjar Selatan ketika melakukan kegiatan Gerakan Tanam Pohon.

Terpisah, Camat Pamarican, Drs. Totong Herdiawan, dirinya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Gerakan Tanam Pohon ini.

Lanjut Totong, kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi antara Muspika Kecamatan Pamarican, dengan pihak Perum Perhutani KPH Ciamis, juga sebagai bentuk sinergitas yang selama ini terjalin dengan baik.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Gerakan Tanam Pohon ini, ada nilai manfaat yang dapat dirasakan oleh warga masyarakat, diwilayah Kecamatan Pamarican,” harapnya. Berita Ciamis, BQ