Satnight Share, Hibar Berbagi

Satnight Share, Hibar Berbagi
Satnight Share, Hibar Berbagi

MUDANEWS.COM, Medan – Sekumpulan pemuda yang tergabung dengan komunitas Hijrah Bareng melaksanakan SatNight Share (SNS). Kegiatan ini tergolong kedalam kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh komunitas ini. Sebab, dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa kepekaan dan kepedulian terhadap keadaan sosial bagi para anggota komunitas.

SatNight Share merupakan kegiatan berbagi makanan kepada saudara/i kita yang tinggal di jalanan. Sebelum membagikan makanan kepada target, para anggota di wajibkan untuk berbincang terlebih dahulu kepada targetnya. Tujuannya adalah agar para anggota komunitas dapat mengetahui kesulitan yang dialami oleh target dan bagaimana kehidupan yang telah dilalui. Sehingga dapat meringankan beban yang dirasakan oleh target. Secara psikologi hal tersebut dapat meringankan beban penderitaan orang lain karena kita mau menjadi temannya berbagi cerita.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana sedekah bagi para anggota Hibar di setiap minggunya. Sumber dana dari kegiatan ini adalah dana pribadi dari para anggota Hibar, yakni 10.000/orang. Uang yang terkumpul akan di belikan bahan makanan untuk dibagikan kepada mereka yang hidup dijalanan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap sabtu malam atau yang lebih dikenal dengan sebutan malam minggu, pukul 22.00 WIB.

Satnight Share, Hibar Berbagi
Satnight Share, Hibar Berbagi

Atas dasar ini pula lah kegiatan ini di namakan SatNight Share (SNS). Dan dengan kegiatan ini pula, para pengurus berharap khususnya pengurus Divisi Diskusi dan Pergerakan Sosial bisa menularkan budaya positif kepada para pemuda umumnya dan anggota Hibar khususnya untuk mengisi malam minggunya dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Bersyukur rasanya telah melanjutkan kembali kegiatan berbagi nasi kepada Orang yang tidak mampu dipinggiran jalan kota medan dan sekitarnya. Semoga berbagi kepada sesama ini akan menjadikan pribadi yang selalu bermanfaat untuk ummat dan menjadi sebaik-baiknya manusia, Salah satunya melalui berbagi peduli terhadap orang2 yang tidak mampu disekeliling kita serta konsisten dalam berbagi peduli ini. Karena menjadi baik saja tidak cukup, tetapi bermanfaatlah agar menjadi sebaik-baiknya manusia,” kata Aulia Ahmad Siregar sebagai ketua Umum Komunitas Hijrah Bareng, Sabtu (10/1/2020).

Sedangkan Ketua Divisi Diskusi dan Pergerakan Sosial Komunitas Hijrah Bareng, Alwi Ramadhan Hutagalung mengatakan gerakan Rp. 10.000 merupakan salah satu program dari divisi diskusi dan pergerakan komunitas hijrah bareng, maka setelah kami melakukan hal tersebut ada muncul suatu kepuasaan didalam diri kami masing masing.

“Maka dari itu kegiatan ini akan kami laksanakan secara rutin yang insyaAllah akan kami lakukan 1 Minggu sekali kemudian kami mengajak masyarakat agar melakukan hal serupa kerena berbagi itu indah dan menyenangkan,” kata dia.

Satnight Share, Hibar Berbagi
Satnight Share, Hibar Berbagi

Komunitas Hijrah Bareng sebagai komunitas pemuda Islam yang bergerak di bidang dakwah dan sosial, tetap konsisten membantu umat dalam setiap program-programnya.

“Apa yang kami berikan ini sedikit banyaknya kami harapkan dapat bermanfaat bagi mereka saudara/i kita diluar sana yang tengah diuji dengan kesusahan hidup serta kemiskinan dan kefaqiran agar kiranya kepedulian kami dapat menyenangkan hati mereka dan meringankan kesusahan yg mereka rasakan, semoga kedepannya ini menjadi contoh bagi para pemuda/i, komunitas/organisasi lain, serta masyarakat kota medan umumnya sekaligus saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar kiranya kegiatan-kegiatan sosial seperti ini dapat kita galakkan dan semarakkan bersama dikemudian hari,” harap Ahmad Najah Akbari SH sebagai penasehat Komunitas Hijrah Bareng.

“Itulah salah satu program rutin komunitas Hijrah Bareng dalam menumbuhkan jiwa sosial ditengah-tengah umat yang membutuhkan kepedulian kita semua,” terang dia. Berita Medan, tim