Seduh dan Seruput Kopimu Kawan!

Seduh dan Seruput Kopimu Kawan!
Ilustrasi

MUDANEWS.COM – Bagi teman-teman yang sudah selesai shalat subuh jangan lupa ngopi. Yang tak shalat jangan lupa juga seduh dan seruput kopimu. Sambil buka buku jangan lupa ditemani secangkir kopi. Sambil buka Hp baca-baca berita, Informasi dari grup WA, jangan biarkan kopimu jadi agar-agar.

Sampai di tempat kerja, di kantor dan entah di mana pun jangan lupa kopimu. Di hari Jum’at, kopi akan membuatmu semangat. Bagi yang teman-teman pembaca beragama Islam, sebelum minum kopi jangan lupa baca surah Alfatihah dan Ayat Kursi. Ini semata-mata ditujukan untuk kecintaan pada Rasulullah Muhammad menebalkan keimanan pada Allah SWT. Tradisi minum kopi oleh para ulama di setiap waktu selalu membaca ayat-ayat Allah. Ini membuat kenikmatan minum kopi akan bertambah. Dan ini tidak ada hubungannya dengan mitologi.

Bagi manteman yang tidak Islam, silahkan seruput kopimu senikmat-nikmatnya. Semua kopi asal terasa nikmat pabila itu benar-benar kopi.

Yang hari ini lagi ngomong-ngomong politik, dadakan jadi pengamat pendidikan politik, yang lagi ngeramal-ngeramal Indonesia, santai aja bos. Selow Indonesia ini akan sejahtera kalau kita semua ngopi (ngobrol pinter). Sebenarnya masyarakat kita kurang ngopi, malah ngopi dituduh hal yang tidak baik oleh beberapa orang. Perkara dia tidak bisa minum kopi dihubungkan ke orang lain. Dibawa tuh kasus-kasus kematian dibuat karena kopi. Kematian mah sudah suatu keharusan, di mana pun dan kapan pun. Qohwah atau kopi adalah buah surga yang sempat terselip di kantong Adam. Ini imajiku sendiri untuk diriku sendiri. Kemudian baru ditemukan pada abad ke-8 M di Yaman.

Pagi, siang, sore dan malam, kopi sudah menjadi suatu kewajiban. Bagiku kopi memiliki filosofi tersendiri dan memiliki historis yang panjang. Kopi akan menjelaskan pada kita bahwa tidak setiap yang hitam itu kotor, dan tidak setiap yang pahit itu sedih. Setiap pecinta kopi (Coffephilia) memiliki cerita tersendiri tentang kopi.

Apa pun aktivitasmu hari ini, jangan lupa ngopi sambil ceritakan hari-harimu bersama secangkir kopi.

Jangan lupa seduh dan seruput kopimu kawan. Nikmati setiap seruputannya dengan sedikit cemilan. Bahagia itu kita yang buat. Senyum terindah saat aroma kopi memanjakan indra penghirupanmu. Sekali lagi buat para Pecinta Kopi (Coffephilia), seduh dan seruput kopimu kawan!

Penulis: Ibnu Arsib (Penggiat Literasi di Sumut)