Liberty Manik, Sebagai Filolog dan Peneliti Musik Arab Islam di Jerman
Liberty Manik

MUDANEWS.COM – Selama ini Dr Liberty Manik hanya dikenal sebagai musisi Indonesia yang legendaris dengan ciptaannya yang kemudian jadi lagu wajib Satu Nusa Satu Bangsa. Bahwa dia lama tinggal di Jerman dan (sekalipun dia seorang kristen dan tokoh gereja) menulis disertasi tentang musik dalam perspektif Islam, tidak banyak yang tahu. Disertasinya ditulis dalam bahasa Jerman dengan judul Das Arabische Tonsystem Im Mittelalter yang membahas kitab-kitab musik filsuf muslim seperti Al-Kindi, Al Farabi dan Ihwan al-Safa. Dalam dunia linguistik internasional, Liberty Manik malah dikenal sebagai filolog.

Professor Uli Kozok dari Universitas Hawaaii yang pernah bertemu dengan Liberty Manik di Jerman, akan memaparkan Liberty Manik dari perspektif yang selama ini belum dikenal, terutama perannya sebagai filolog Batak. Ceramah ini akan memperkaya sudut pandang hubungan Indonesia Jerman dalam bidang kebudayaan.

Liberty Manik, Sebagai Filolog dan Peneliti Musik Arab Islam di Jerman
Monumen Liberty Manik

Acara ini diselenggarakan kerjasama Prodi Antropologi Sosial Pascasarjana, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Fakultas Ilmu Sosial Unimed dan dilaksanakan Sabtu tanggal 20 Juli 2019 jam 10.00 di Ruang Seminar, Lantai 4 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Penulis : Dr. Phil. Ichwan Azhari M.S.
Sejarawan, pengajar dan ahli filologi (filolog), Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pussis) Universitas Negeri Medan (Unimed), Medan, Sumatra Utara