Anggota DPRD Tebing Tinggi: Pemko Harus Segera Bentuk Cagar Budaya
Muliadi, Anggota DPRD Kota Tebing Tinggi

MUDANEWS.COM, Tebing Tinggi – Cagar budaya ataupun museum adalah tempat di mana budaya atau pun sejarah suatu daerah tersimpan dan dilestarikan di Indonesia sendiri hampir setiap daerah memiliki budayanya masing-masing, hal ini sangatlah penting mengingat perkembangan zaman dan pengaruh budaya barat yang membuat perlahan anak-anak muda Indonesia khususnya Tebing Tinggi melupakan budaya nya sendiri. Maka dari itu Pemerintah Kota Tebing Tinggi harus segera mengambil langkah konkrit supaya anak cucu kita tau budaya dan tau sejarah daerah terkhusus Kota Tebing Tinggi.

Muliadi atau yang akrab disapa Cak Imul ialah anggota DPRD terpilih 2019-2024 fraksi PKB yang juga menjabat Ketua DPC PKB Kota Tebing Tinggi pada saat ditemui menyampaikan mendesak kepada Pemko Tebing Tinggi untuk segera membentuk Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) yang terdiri dari 5 orang atau bahkan lebih dimana tim ini meneliti.

“Menginventarisasi bangunan tua dan bukti bukti sejarah yang ada di Kota Tebing Tinggi untuk dijadikan cagar budaya sesuai UU NO 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya Kota Tebing Tinggi yang berusia 50 tahun lebih dan meminta kepada Walikota Kota Tebing Tinggi atas nama Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan serius mengembangkan Museum Kota Tebing Tinggi dan berharap supaya Pemko rutin laksanakan seminar tentang pentingnya melestarikan sejarah seperti mengundang ahli sejarah yang sudah familiar seperti Dr Phil Ichwan Azhari MS untuk seminar di Kota Tebing Tinggi tentang pentingnya merawat dan melestarikan benda benda yang di nilai bersejarah,” tegasnya, Senin (7/10/2019).

Cak Imul menyindir, sebenarnya pemerintah jangan takut akan mengeluarkan dana besar untuk pengembangan dan pelestarian cagar budaya ini karena justru jika cagar budaya ini dikelola dengan serius. Maka akan menghasilkan uang yang lebih besar lagi, sambungnya, bisa mengundang wisatawan baik lokal maupun luar Negeri kemudian kita sebagai penyelenggara akan mewariskan kepada anak cucu kita bahwa Kota Tebing Tinggi memiliki sejarah yang sangat banyak untuk diketahui mereka kelak.

“Kecewa dan prihatin melihat museum Kota Tebing Tinggi yang saya nilai tidak terawat saya harap Pemko Tebing Tinggi serius merawat museum itu karena di dalam museum itu terdapat banyak identitas dan sejarah Kota Tebing tinggi,” pungkasnya.

Sementara M Irfan Nasution menegaskan pemerintah harus bereaksi melihat kondisi budaya di kota Tebing Tinggi, Cagar Budaya sebagai Monumen penting bagi warga Kota Tebing Tinggi dalam mengupgrade pengetahuan warga kota serta regenerasi mendatang.

“Ini bagian Penting dalam merawat sejarah dalam kecintaan warga Kota sebagai identitas bagi warga kota, sementara itu dapat menjadi hal yang ekonomis bagi Daerah, kedepan bisa saja wisatawan akan datang dan tertarik melihat Cagar Budaya yang Tebing Tinggi punyai,” cetus Irfan. Berita Tebing Tinggi, Jihan