Presiden Jokowi Kunjungi Relokasi Pengungsi Sinabung

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi relokasi hunian tetap (huntap) yang menjadi pemukiman pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sabtu (14/10/2017).

Jokowi didampingi Gubenur Sumut Tengku Erry Nuradi, Menteri PU PR Basoeki Hadimoeljono, Menseskab Pramono Anung, Kepala BNPB Willem Rampangilei disambut Bupati Karo Terkelin Brahmana dan jajaran serta masyarakat.

Kehadiran Presiden Jokowi beserta rombongan selain ingin melihatkan kondisi terkini relokasi Siosar juga ingin bertatap muka dan mendengarkan informasi secara langsung dari masyarakat mengenai kondisi mereka selama berada di huntap tersebut.

“Tadi kita sudah melihat lokasi pengungsi dan sudah tanya langsung kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan 370 rumah dan lahan pertanian. Tadi saya tanya apakah lahannya sudah berfungsi. Sudah kata mereka. Ditanami kentang, sudah panen dan sudah dijual,” ujar Jokowi kepada wartawan didampingi Gubsu Erry Nuradi.

Dikatakan Jokowi, pihaknya telah dan sedang menyiapkan pembangunan 1.874 rumah di 14 hamparan yang diperkirakan selesai akhir tahun 2017 ini. Sedangkan sisanya sekitar 1.080 rumah akan diselesaikan pada akhir tahun 2018 mendatang.

“Yang 1.874 rumah akhir tahun ini kita selesaikan. Sedangkan sisanya lebih kurang 1.080 diakhir tahun depan. Karena sudah ada penetapan dari Kementerian LHK mengenai lokasi yang akan digunakan sekitar 470 hektar. Saya harapkan setelah ini rampung,” ujarnya lagi.

Saat disinggung masih adanya masyarakat disekitar Gunung Sinabung yang mau dan bersedia direlokasi menurut Jokowi hal tersebut bisa saja ditampung jika tersedianya lahan.

“Ya kalau ada lahannya kita berikan. Apalagi kita tahu Sinabung ini kan tidak tahu kapan berhenti total. Saya mendapat informasi satu tahun ini saja ada sekitar 200 kali gempa dengan terjadi erupsi kecil, sedang maupun besar. Makanya kita terus menghimbau agar berhati-hati,” ujarnya.

Pantauan wartawan dilokasi, ribuan masyarakat dari relokasi Siosar maupun luar Siosar tanpak antusias ingin bersalaman dengan Presiden Jokowi. Jokowi hadir dilokasi penampungan dengan pengawalan ketat menggunakan mobil Land Cruser Prado bersama Gubsu Erry Nuradi dari lapangan helipad TNI AD Sibisa.

Presiden Jokowi
Foto: Presiden Jokowi bersalaman dengan masyarakat ketika berada di Karo.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyempatkan memberi bantuan berupa bingkisan kepada pengungsi. Jokowi juga memberikan perlengkapan sekolah kepada anak-anak pengungsi Siosar. Jokowi pun berkesempatan menikmati keindahan alam yang sejuk di sekitar relokasi Siosar termasuk juga foto dan wawancara dengan latar belakang Gunung Sinabung.

Salah seorang warga yang rumahnya dikunjungi Presiden Jokowi, Rosmeri Boru Ginting mengaku sangat senang bisa bersalaman sekaligus berbincang dengan orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut.

“Ya senang sekali seorang pengungsi bisa bersalaman dengan Bapak Presiden yang peduli rakyatnya. Tadi bapak Presiden tanya lahannya ditanam apa dan hasilnya bagaimana. Saya bilang tanam kentang tapi belum tahu hasilnya karena belum panen,” ujarnya. Berita Tapanuli Utara, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini