Peringati HUT ke-72 TNI, Tengku Erry Ziarahi Makam Pahlawan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka memperingati HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berziarah di Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan, Rabu (4/10/2017). Selain memanjatkan doa, juga menabur bunga di pusara pahlawan bersama dengan jajaran TNI/Polri dan unsur Forkopimda Sumut dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. HUT TNI diperingati setiap 5 Oktober.

Sebagai bentuk rasa terimakasih, Tengku Erry Nuradi mengatasanamakan masyarakat Sumut dan pemerintah provinsi (Pemprov) mengucapkan selamat HUT kepada TNI yang telah berjasa terhadap Indonesia khususnya dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan bangsa dari belenggu penjajah. Karenanya di komplek pemakaman Taman Makam Pahlawan, peringatan tersebut digelar sekaligus mengingat jasa para prajurit yang telah wafat.

“Kami atas nama masyarakat dan pemerintah daerah Sumatera Utara mengucapkan dirgahayu TNI yang ke-72 tahun, semoga TNI makin maju dan semakin dicintai rakyatnya,” ucap Erry.

Upacara yang berlangsung khidmat itu, juga dirangkaikan dengan peletakan karangan bunga sebagai ucapan selamat HUT ke-72 TNI di depan tugu Taman Makam Pahlawan Medan. Selain itu, sejumlah makam pahlawan juga diziarahi oleh seluruh peserta upacara sekaligus doa kepada makam para pahlawan.

“Hari ini dalam rangka HUT TNI ke 72, kami melaksanakan ziarah ke pusara pahlawan. Tadi juga Bapak Kapolda jadi Irupnya, dan di tengah-tengah makam ini tentunya kita semuanya berterimakasih kepada para pendahulu kita, para pahlawan yang telah sangat berjasa membangun negara kita ini,” tutur Erry.

Adapun beberapa pusara yang diziarahi Gubernur bersama Kapolda dan seluruh unsur Forkopimda Sumut diantaranya Alm Brigjen TNI A Azis Siregar yang pernah menjabat Aster Suwilhan Sumut-Kalbar (wafat 4 Maret 1981), Letjen Purn Raja Inal Siregar yang terakhir menjabat Gubernur Sumut periode 1988-1998 (wafat 5 September 2005), Brigjen H Abdul Manaf Lubis (wafat 6 Agustus 1996) dan Gubernur Sumut periode 1966-1977 Mayjen H Marah Halim Harahap (wafat 3 Februari 2016). Sementara peserta upacara lainnya juga menyempatkan berziarah ke pusara pahlawan lain.

“Tentu juga kami sebagai generasi penerus, akan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan. Mungkin sampai dengan hari ini, cita-cita itu masih harus kita benahi dan kita lanjutkan. Selamat HUT TNI ke 72 tahun,” ucap Erry lagi.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw selaku Irup pada peringatan tersebut, menyampaikan ucapan selamat kepada TNI, semoga semakin jaya, kuat dan satu padu dengan semua unsur anak bangsa. Sebagai bagian dari pertahanan dan keamanan negara, pihaknya juga menyampaikan doa untuk arwah para pahlawan yang terdahulu. Berita Meda, Ahmad

- Advertisement -

Berita Terkini