Tengku Erry Nuradi: Pemangku Kebijakan Harus Perbanyak Fasilitas Khusus Bagi Lansia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meminta para pemegang atau pemangku kebijakan mengupayakan lebih banyak fasilitas khusus untuk masyarakat yang lanjut usia (lansia), melalui berbagai kemudahan.

Menurut dia, fasilitas itu adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap sosok orang yang lebih tua sebagai penghayatan nilai budaya.

“Kita tahu banyak sekali tempat umum atau fasilitas publik yang belum memberikan fasilitas khusus kepada lansia. Padahal kita ketahui kemampuan mereka sudah jauh lebih rendah dari yang muda,” ujar Tengku Erry pada kegaitan Peringatan Hari Lanjut Usai Nasional (HLUN) 2017 tingkat Provinsi di Aula Martabe Kantor Gubsu di Medan, Rabu (26/07/2017).

Hadir Ketua Yayasan Prestasi Lansia Sumut Sanggup Purba, sejumlah perwakilan FKPD Sumut dan para Kepala SKPD Sumut diantaranya Kadis Kominfo HM Fitriyus dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus.

Tengku Erry menyebutkan bahwa banyak sekali kondisi khususnya keberadaan orang tua atau lansia terasa kurang etis/layak. Sebab mereka yang sudah usia tua, harus berdesakan dengan yang muda di beberapa tempat dan pelayanan masyarakat.

Fasilitas publik seperti terminal bus, stasiun kereta api, tempat pelayanan publik dan lainnya belum bersahabat dengan lansia. Karena itu dia menekankan agar semua pihak terkait, khususnya pemerintah daerah kabupaten/kota serta instansi lainya, bisa memberikan fasilitas dan pelayanan khusus kepada para lansia. Dengan begitu sebagai warga negara, telah menghormati mereka dengan memberikan berbagai kemudahan.

“Kita juga minta agar fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan lainnya, agar mempermudah urusan bagi para lansia. Bisa diberikan jalur khusus yang berbeda dengan masyarakat umum,” ucap Erry.

Tengku Erry juga mengapresiasi bentuk perhatian dari berbagai pihak termasuk pemerintah melalui pemberian bingkisan, bantuan stimulant untuk pembinaan kepada kelompok usaha bersama (Kube) lansia, bantuan kursi roda serta penghargaan kepada lansia yang berusia 100 tahun.

Sementara itu, Kepala Biro Binsos M Yusuf menyampaikan laporan bahwa pada peringatan ini juga digelar berbagai kegiatan diantaranya kunjungan ke Panti Jompo dan pemeriksaan kesehatan gratis melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Ketua Yayasan Prestasi Lansia Sumut Sanggup Purba menyampaikan saat ini Sumatera Utara memiliki perpustakaan lansia, pertama kali di Indonesia. Bahkan dikatakannya, provinsi ini merupakan terbaik secara nasional dengan menerima tanda kehormatan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI.

“Karenanya kami berharap diberikan fasilitas untuk kemudahan pelayanan seperti di Samsat dan rumah sakit,” tuturnya. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini