Halal Bihalal MUI, Tengku Erry Katakan Kekondusifan di Sumut Peranan Ulama

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw menghadiri Halal Bihalal Idul Fitri 1438 Hijriah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut di Aula Gedung MUI Sumut Jalan Majelis Ulama simpang Jalan Sutomo Ujung Medan, Senin (10/7/2017).

Hadir juga disitu Ketua MUI Sumut KH Abdullah Syah, Tuan Guru Babussalam Syekh Hasyim Al Syarwani, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, FKPD Sumut dan Medan, ulama, pimpinan ormas Islam dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry mengajak masyarakat, terutama para ulama tidak jemu untuk merawat dan menjaga kebhinnekaan. ‘’Sumut negeri berbilang kaum, multikultural, beragam etnis dan agama ada. Mari kita kokohkan persatuan dan kesatuan dan dengan tidak mudah dipecah belah. Kita tidak ingin lagi diadu domba seperti masa penjajahan,’’ cetus Erry.

Dikatakan Gubsu Erry, politik adu domba ini akhirnya disadari oleh para pendiri bangsa dengan mengajak seluruh tokoh termasuk para ulama untuk bersatupadu dalam kebhinnekaan dengan mengesampingkan segala perbedaan yang ada.

Halal Bihalal MUI Sumut
Foto : Tengku Erry saat memberikan sambutan di Kantor MUI Sumut

Salah satu upaya agar persatuan dan kesatuan ini kian terjalin adalah dengan meningkatkan silaturahmi antar sesama. Oleh karenanya lanjut Erry, merupakan rahmat bahwa di Indonesia kegiatan silaturahmi seperti halnya Safari Ramadan, buka puasa bersama, dan Halal Bihalal menjadi ciri khas di Indonesia.

“Mari kita saling ingat mengingati karena manusia tidak ada yang sempurna. Apa yang terjadi dengan Uni Soviet bisa saja terjadi dengan Indonesia kalau kita tidak menyadari perpecahan. Oleh karenanya mari bersama kita jalin persatuan dan kesatuan bangsa. Bergandengan tangan membangun Sumatera Utara yang kita cintai bersama,” ujar Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, kekondusifan yang terjadi di Sumut hingga saat ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak termasuk para tokoh agama dan ulama di Sumut. Erry pun berharap kondisi Kantibmas yang kondusif ini senantiasa dijaga apalagi dalam waktu dekat ini sejumlah daerah akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah.

“Perbedaan yang ada hendaknya jadi penguat kita. Kami atas nama Pemerintah mengucapkan terimkasih atas kerjasamanya menjaga Sumut ini tetap kondusif. Apalagi sebentar lagi akan adanya pesta demokrasi di sejumlah daerah di Sumut. Tentu suhu perpolitikan akan memanas.

Silahkan berkompetisi dengan cara yang benar. Mari hindari saling menjelekkan dan fitnah. Saya yakin Kapoldasu dan Pangdam, bisa menjadi juri yang netral mengawal Pilkada di jalur yang benar,” harap Erry.

Sebelumnya Ketua MUI Sumut KH Abdullah Syah mengajak agar sama-sama menjaga kekondusifan Sumut. Bulan Syawal ini hendaknya menjadi momentum untuk bersyukur dan berdzikir.

“Bulan Ramadan sudah kita lalui, Insyaa Allah kita bersih di bulan Syawal ini. Hari raya adalah hari bersyukur dan hari berdzikir. Memperbanyak dzikir atas segala nikmat pemberiannya. Mudahn-mudahan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Melalui Halal Bihalal hari mari kita pererat persaudaraan kita. Mari kita jaga kekondusifan Sumatera Utara,”ujar Ketua MUI Sumut.

Sementara itu, Kapoldasu Paulus Waterpauw mengaku senang bisa menghadiri kegiatan Halal Bihalal bersama Gubsu, keluarga besar MUI, Ormas Islam dan sejumlah tokoh agama dan ulama di Kantor MUI Sumut. Kesempatan tersebut sekaligus dimanfaatkan Kapolda untuk mendekatkan diri dengan memperkenalkan dirinya kepada para undangan. Sebagai pejabat baru di Sumut Kapoldasu berharap dirinya bisa diterima oleh masyarakat Sumut.

“Saya titip diri Bapak MUI. Mohon kalau ada apa-apa yang berkaitan dengan tugas kami, tolong disentil dan disampaikan. Kami siap melayani. Terimakasih karena sudah menerima saya. Saya bersyukur hari ini saya bisa menginjakan kaki di Kantor MUI ini,” ujar Kapoldasu yang pada kesempatan tersebut memberikan tali asih untuk MUI Sumut. Berita Medan, Arda

- Advertisement -

Berita Terkini