Waktu Berbuka Puasa, Masjid Raya Medan Bagikan 900 Porsi Bubur Sup per Hari

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Masjid Raya Al Mashun Medan membagikan sekitar 900 porsi bubur sup setiap hari di Bulan ramadan.

Tradisi ini sudah berlangsung sejak 65 tahun yang lalu. Dulu bubur sup khas Melayu ini adalah santapan para Raja Deli saat berbuka puasa.

“Bubur akan dibagikan dari awal ramadan sampai 27 ramadan. Setiap hari ada 900-an porsi,” kata Hamdan, salah satu juru masak bubur, Minggu (28/5/2017).

Setiap hari, Hamdan dan tiga juru masak lain mengolah bahan-bahan pembuat bubur. Sejak pagi mereka sudah bekerja memotongi bahan sayuran seperti kentang dan wortel.

“Selain itu bahannya juga ada beras dan daging,” kata hamdan.

Waktu Berbuka Puasa, Masjid Raya Medan
Foto : Bubur Sup adalah makanan khas suku Melayu di Medan.

Dalam sehari, setidaknya 25 Kilogram beras habis digunakan sebagai bahan. Ditambah daging sapi 10 kilogram dan rempah-rempah.

Petugas mulai memasak pada pukul 13.00 WIB. Bubur dimasak selama tiga jam.

Meski masih dimasak, warga sudah menunggu bubur matang. Biasanya bubur dibagikan pada pukul 16.00 WIB. Warga yang sudah meletakkan wadah di dekat lokasi masak bubur langsung berdesak-desakan saat bubur mulai dituangkan ke wadah.

Mulai dari anak-anak, orang tua hingga pelancong dari luar kota rela berdesak-desakan untuk menunggu bubur selesai di masak.

“Yah kalau desak-desakan itu hal biasa, yang penting bisa makan bubur ini.” kata Jafar warga Binjai. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini