Tengku Erry Bertolak ke Turki Demi Berangkatkan Kapal MVVP ke Belawan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Yogoy

MudaNews.com Istanbul (Turki) – Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berangkat ke Istanbul, Turki untuk melihat langsung kapal pembangkit listrik Marrine Vessel Power Plant (MVPP). Kapal itu disewa PT PLN (Persero) untuk memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Utara.

” Saya berada di Turki untuk melihat langsung kapal pembangkit listrik Marrine Vessel Power Plant (MVPP) terbesar di dunia yang disewa PLN dalam acara serah terima di Pelabuhan Turki,’’ ungkap Erry Nuradi di Turki, Sabtu (22/4).

Kapal berukuran super besar itu pun sudah dalam perjalanan menuju pelabuhan Belawan. MVPP akan diperkirakan akan bersandar di belawan dalam waktu satu bulan mendatang.

Tengku Erry mengatakan, kapal berkapasitas 240 Megawatt (MW) ini tentunya dapat menutupi defisit listrik 100 MW di Sumatera Utara. “Kedatangan kapal pembangkit listrik tersebut akan bersamaan dengan transmisi 275 Kilovolt yang menjadi bagian dari proyek Tol Listrik Sumatera dan dapat dioperasikan untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 Megawatt,’’ ucap Erry.

Dia berharap hadirnya kapal MVVP dan tol listrik akan menjawab krisis listrik di Sumut. Namun, kalau pun ada pemadaman itu mungkin dikarenakan masalah teknis, seperti mesin rusak, instalasi listrik tumbang dan masalah teknis lainnya. Kita optimis kerjasama PLN dan Pemprov Sumut dapat semakin paten ke depan,” tutur Erry.

Dia menambahkan, ketersediaan listrik yang cukup di Sumut akan lebih memajukan Sumut ke depan. ‘’Saya yakin, para investor, kalangan industri dan pelaku usaha lainnya berlomba-lomba berinvestasi di Sumut tak lain dikarenakan listriknya cukup,’’ tandas Erry.

Dalam kunjungan kerja ke Turki tersebut, Gubsu didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hidayati, Kepala Bappeda Irman dan Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis bersama pimpinan PT PLN (Persero) Sumut dan pusat.[rd]

- Advertisement -

Berita Terkini