Presiden Memberikan KIP di Barus
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi Lapangan Merdeka Barus, Tapanuli Tengah, Jumat (24/3/2017) siang.
Laporan : Yogoy
MUDANews, Tapanuli Tengah (Sumut) – Presiden Joko Widodo, berkesempatan menyerahkan bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Lapangan Merdeka Barus, Tapanuli Tengah, Jumat (24/3/2017) siang.
Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. Bantuan itu diserahkan ke pelajar, ibu hamil, balita dan keluarga kurang mampu.
“Saya titip agar bantuan yang diberikan benar-benar digunakan untuk menyiapkan generasi ke depan yang lebih baik, yang sehat dan pintar. Agar bisa bersaing dengan negara lain,” sebut Jokowi.
Bantuan KIP diserahkan kepada 156 pelajar SD, 126 pelajar SMP, 162 pelajar SMA dan 103 pelajar SMK. Para pemegang KIP tersebut akan menerima bantuan Rp 450 ribu pertahun bagi pelajar SD, Rp 750 ribu per tahun bagi pelajar SMP dan Rp 1 juta per tahun untuk SMK dan SMA.
“Saya titip uang itu harus dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan sekolah dan pendidikan. Bisa dipakai untuk beli buku, seragam sepatu, tas. Tidak boleh untuk beli pulsa. Janji ya kalau dibelikan pulsa kartunya dicabut,” kata Jokowi.
Sedangkan bantuan KIS diserahkan kepada 150 orang. Dijelaskan Jokowi , apabila sakit, pemegang KIS bisa menggunakannya untuk berobat gratis ke Puskesmas dan untuk penyakit yang lebih serius  dirujuk ke rumah sakit. “Minta pelayanan yang baik, kalau tidak dilayani dengan baik, laporkan ke Bupati, Gubernur dan Menteri Kesehatan. Kalau tidak mempan lapor ke saya,” kata Joko Widodo.
Sementara itu, penerima bantuan PKH dijelaskan Joko Widodo akan mendapat Rp 1,89 juta per tahun. Bantuan itu bisa diambil empat kali untuk kebutuhan gizi anak, sekolah dan tambahan usaha. Sementara itu bantuan PMT kepada 25 orang balita, 25 ibu hamil dan 150 pelajar.
Hadir dalam kesempatan itu Ny Iriana Joko Widodo, Ny Evi Diana Erry Nuradi, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Menteri PU dan Prasarana, Pj Bupati Tapteng, Kapolda Sumut, Pangdam I/BB dan tamu undangan.
Presiden Jokowi dalam kesempatan itu juga memberi hadiah sepeda kepada 10 hadirin dengan melontarkan pertanyaan terkait kekayaan budaya dan alam Indonesia. Presiden memilih beberapa orang  mewakili pelajar, ibu rumah tangga, bapak dengan pertanyaan menyebutkan sila Pancasila, lima nama suku, lima jenis tarian dan nama lima pulau di Indonesia.
Salah satu pertanyaan Jokowi yakni “sebutkan nama suku-suku yang ada di Sumatera Utara”. Lalu dijawab salah seorang peserta, ada suku Batak, Mandailing, Karo, Melayu dan Nias. Lalu Presiden Jokowi menanyakan ke Gubsu. Apa benar ini Pak Gubernur? dan dijawab Tengku Erry, benar. Peserta yang menjawab benar diberi hadiah sepeda oleh Jokowi.[ rd ]