PMI Karo Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa Bumi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Arkhan Al

MUDANews.com, Kab. Karo (Sumut) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karo salurkan bantuan sebanyak 47 paket bantuan family kit kepada warga yang terkena dampak gempa bumi di Kabupaten Karo, Senin (30/1).

Satu paket family kit berisikan sabun mandi 5 pcs, deterjen 900 gr 1 pcs, shampo 1 botol, pasta gigi 5 pcs, sikat gigi 5 pcs, handuk 5 pcs, sabun cuci piring 1 pcs, jerigen 1 pcs, baskom 1 pcs, gayung 1 pcs, piring 5 pcs, gelas 5 pcs, sendok 5 pcs, lilin 3 pak, tikar 1 pcs, sarbet 5 pcs, sarung 5 pcs, palstik sampah 30 lembar dikemas dalam kotak plastik itu langsung dapat dibawa dan dapat dipergunakan untuk kebutuhan harian.

Bantuan sebanyak 47 paket yang diberikan kepada 47 kepala keluarga (KK) desa Kebayaken Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo langsung diterima Kepala Desa dan sejumlah warga Desa Kebayaken.

Ketua PMI Kabupaten Karo dr Jasura Pinem, M.kes didampingi  relawan PMI Bastian Rinaldo Bangun, Fery, Jhon Rocky Pinem, Perikuten Ginting, Skep, Ners dan Robert Tarigan, SH yang juga Wakil Ketua Bidang Pengembangan Citra dan Hubungan Antar Lembaga mengatakan dampak gempa bumi berkekuatan 5.6 Skala Richter (SR) yang terjadi Senin (16/1) malam lalu, berpusat di wilayah Deli Serdang (Bandar Baru) membuat puluhan rumah warga usak berat maupun ringan, termasuk rumah ibadah dan beberapa sekolah. Rumah-rumah warga yang rusak tersebut tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Namanteran, Kecamatan Payung dan Kecamatan Merdeka, ujarnya.

“Seharusnya tadi, Bupati Karo Terkelin Brahmana selaku pembina PMI Kabupaten Karo ikut bersama-sama untuk menyalurkan bantuan ini, namun akibat kesibukan beliau dan tiba-tiba berangkat ke Jakarta urusan dinas maka beliau tidak ikut. Demikian juga Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang juga tidak bisa ikut karena kesibukan dinas di kantor, pesan beliau semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga,” ujarnya.

Memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan adalah manifestasi dari semangat kepedulian terhadap sesama. Seyogianya, kebersamaan harus diterjemahkan dalam format saling mengasihi tanpa memandang perbedaan. “PMI akan terus bersinergi dan bermitra dengan Pemkab Karo seperti memenuhi ketersediaan darah dan penyiapan pendonor darah, menyalurkan bantuan dan terjun langsung ke lokasi bencana membantu pemerintah,” ujar dr Jasura Pinem.

Pihaknya berharap gempa tersebut tidak semakin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung yang telah relatif lama mengalami erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus mengintensifkan pengamatan Gunung Sinabung yang masih berstatus ‘Awas’.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini