Poldasu Sambut Silaturrahmi Bhiksu dan Tokoh Budha Sumut

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjend Pol Rycko Amelza Dahniel diwakili oleh Waka Polda Sumut Brigjend Pol Adhi Prawoto menerima kunjungan para Bhiksu dan tokoh agama Budha se-Sumtera Utara, di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Rabu, (25/1).

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian silaturahim umat Budha dalam rangka mensukseskan Perayaan Imlek 2568 tahun 2017.

Dalam amanat Kapolda Sumut yang disampaikan oleh Waka Polda Sumut menyatakan Program Nawacita Presiden point ke 1 yakni menghadirkan kembali Negara untuk melindungi bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.

“Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat secara proaktif akan memberikan pengamanan baik diminta oleh masyarakat maupun tidak diminta,” kata Adhi Prawoto dalam sambutannya.

Orang nomor dua di Mapolda Sumut ini menjelasakan, mobilisasi masyarakat pada hari raya Imlek tentu akan cukup tinggi. Terutama di tempat ibadah, pusat perbelanjaan dan jalur transportasi baik darat, laut maupun udara.

“Sumut sebagai salah satu barometer keamanan di Indonesia yang penduduknya sangat heterogen. Dalam kaitan itu, untuk mengamankan pelaksanaan hari raya Imlek 2017 di wilayah Sumut, Polda Sumut akan melaksanakan Operasi Mandiri kewilayahan ‘Ops Liong Toba-2017’ yang dibagi pada tiga tahap,” jelas Adhi Prawoto.

Tahapan yang dimaksud, tambah Adhi ialah perayaan Imlek pada Sabtu, (28/1), di mana pengamanan dilaksanakan sampai dengan keesokan harinya. Ini merupaka tahapan pertama.

Sedangkan Tahap II, Cap Go Meh, Minggu, (12/2). Pengamanan dilakasanakan hingga H+5.

“Tahap III, Ceng Beng, Selasa, (4/4/2017), pengamanan dimulai H-3 sampai dengan H+7,” tambah Adhi sembari berharap perayaan Imlek tahun 2017 ini berjalan aman, lancar dan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) wilayah Sumut selalu kondusif, rukun dan damai.

Pantauan di Aula Tribrata, dalam kegiatan yang bertujuan guna mensukseskan perayaan Imlek 2568 tahun 2017 serta menjalin silaturahmi dan membangun kebhinekatunggalikaan ini, tampak hadir Irwasda Polda sumut, Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolrestabes Medan, Para Kapolres , Ketua FKUB, para Bhiksu Se Sumut, Ketua INTI (Perhimpunan Indonesia Tionghoa), ketua MBI ( Majelis Budayana Indonesia), Ketua Walubi, Perwakilan Umat Budha Indonesia Sumut, dengan estimasi jumlah peserta sekitar 300 orang.

Selain itu, acara yang diprakarsai oleh Kapolda Sumut ini merupakan yang pertama di Polda se Indonesia, dan akan diikuti oleh beberapa Polda lainnya.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini