[Profil] Prinsip Solidaritas dan Soliditas Roufik Sitepu Berhasil Menjadikan KNPI Sebagai Wadah Pemersatu Pemuda

Ketua DPK KNPI Medan Helvetia M Roufik Sitepu SE
Ketua DPK KNPI Medan Helvetia M Roufik Sitepu SE

Laporan: Putra

MUDANews.com, Medan (Sumut)– Sejumlah organisasi kepemudaan masih saja sering dipandang miring oleh masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan. Hal itu dikarenakan segelintir oknum organisasi kepemudaan yang sering menimbulkan keresahan ditengah masyarakat.

Bahkan selama ini masyarakat sudah banyak mendengar, melihat dan bahkan merasakan tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh segelintir oknum organisasi kepemudaan, seperti aksi premanisme dan pungutan liar.

Sehingga pada saat ini masyarakat banyak yang memberikan pandangan negatif terhadap organisasi kepemudaan, akibat ulah segelintir oknumnya. Bahkan tak jarang, di satu Kecamatan, antara organisasi kepemudaan yang satu dengan organisasi yang lainnya saling berseberangan. Hal itu bisa terjadi, karena kurangnya peran serta tokoh-tokoh kepemudaan yang bisa merangkul organisasi kepemudaan satu dengan yang lainnya.

Namun sedikit berbeda ketika melihat organisasi kepemudaan yang ada di Kecamatan Medan Helvetia. Apalagi setelah induk organisasi di Kec. Medan Helvetia yaitu DPK KNPI Medan Helvetia di pimpin oleh M Roufik Sitepu SE. Hal ini terbukti, selama 1 tahun kepemimpinannya, M Roufik banyak membuat perubahan.

Perubahan yang paling menonjol dilakukannya adalah pada saat dirinya memimpin ia mampu merangkul seluruh organisasi kepemudaan yang ada di Kec. Medan Helvetia, yang selama kepemimpinan sebelumnya itu tidak pernah terjadi. Roufik punya cara tersendiri untuk mewujudkan hal itu, yaitu dengan cara Roufik lebih mengedepankan solidaritas dan soliditas sesama organisasi yang ada di Kec. Medan Helvetia.

“Prinsip dasarnya, saya sebagai ketua KNPI ini adalah sebagai fasilitator, katalisator, maupun kolaborator bagi setiap ide dan gagasan besar oleh seluruh pemuda di Kecamatan Medan Helvetia ini. Sehingga bisa saling mengawinkan ide dan gagasan besar dari seluruh pemuda di Kecamatan Medan Helvetia ini,” kata Roufik kepada MUDANews.com ketika di wawancarai di kantor DPK KNPI Medan Helvetia Jl. Matahari Raya No 131, Kec. Medan Helvetia, Selasa¬†(17/1).

Selain itu sambung Roufik, di masa kepemimpinannya, ia juga sering membuat program-program yang bertujuan untuk meningkatkan integritas moral pemuda yang egaliter dan bermartabat sehingga kedepannya para pemuda memilik paradigma intelektual.

“Jadi, program yang pernah kita buat bersama para pemuda diantaranya, membuat pelatihan bahasa Inggris tingkat siswa-siswi SD Negeri berkerja sama dengan Ka UPT SD Negeri Kecamatan Medan Helvetia dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)¬† Kecamatan Medan Helvetia. Selain itu, kita pernah melakukan gotong royong masal, bersama Walikota Medan Drs. Dzulmi Eldin di Kecamatan Medan Helvetia,”ujarnya.

Roufik menambahkan, semua program kerja yang selama ini di lakukan tidak terlepas dari dukungan seluruh tokoh senior organisasi kepemudaan dan tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Medan Helvetia.

“Dan ini juga tidak terlepas dari amanah yang diberikan kepada saya oleh ketua DPD KNPI kota Medan El Adrian Shah SE, bahwa sebgai Ketua itu harus bisa selalu bersinergi dengan seluruh organisasi kepemudaan, Muspika dan masyarakat Medan Helvetia ini,” tutup Roufik.[am]