Peresmian Gerbang Tol Sinaksak, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Ucap Terima Kasih Kepada Presiden Jokowi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Saat kehadiran Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki dan Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni langsung disematkan Hiou Simalungun, serta disambut Tari Tor-Tor Sombah Simalungun, di Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Selasa (10/09/2024).

Presiden Jokowi mengucap syukur atas Peresmian Jalan Tol Binjai-Langsa dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang dibangun sejak tahun 2018 sepanjang 45,6 km.

“Pembangunan ini menghabiskan anggaran biaya 6 triliun rupiah,” ucapnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa jalan tol ini akan menjadi bagian dari jalan tol trans sumatera sepanjang 2.994 km.

“Dan kita harapkan sampai akhir tahun, untuk jalan tol sumatera sudah tembus di 1100 km. Khusus jalan tol ini, tinggal 40 km lagi sampai ke parapat di Danau Toba. Tinggal sedikit sekali,” katanya.

Diterangkan, bahwa akses dari Medan ke Simalungun-Pematangsiantar menghabiskan waktu 3-4 Jam.

“Sekarang kira-kira 1,5 jam lebih sedikit,” ungkapnya.

Jalan tol ini juga mendorong, terang Presiden, pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru di koridor Binjai-Langsa dan Tebingtinggi-Parapat. Dan juga akan menambah daya saing daerah, dan sistem logistik mobilitas orang, mobilitas barang akan semakin cepat dan kita dapat bersaing dengan negara-negara lain.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini, saya resmikan jalan tol ruas Binjai-Langsa Seksi 2 Stabat-Tanjungpura dan jalan tol ruas Kualatanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 3 dan 4 Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak di Provinsi Sumaterw Utara,” tutup Presiden Jokowi.

Kemudian Peresmian juga ditandai dengan penekanan Tombol Sirene dan Penandatanganan.

Usai peresmian, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti mengatakan bahwa dengan adanya Gerbang Tol Sinaksak menjadi stimulus ekonomi kreatif UMKM dan menjadikan Kota Pematangsiantar sebagai Kota Destinasi juga dapat terwujud serta pendukung Destinasi Superprioritas yakni Danau Toba.

Ruas Gerbang Tol Sinaksak ini, kata dr Susanti, sebagai perceptan akses baik segi ekonomi barang dan jasa, serta memperpendek jarak untuk aktivitas.

“Pemko Pematangsiantar juga akan terus mendukung Program Visi-Misi Indonesia Maju, yang diselaraskan dengan Visi-Misi Kota Pematangsiantar yang sehat, sejahtera, dan berkualitas,” tuturnya.

“Terima kasih Pak Presiden Joko Widodo,” ucap Wali Kota.

Berita Terkini