Suarakan Program Peningkatan Kesehatan Mental, FPsi USU Lakukan Konseling Pada Masyarakat Sicanang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Medan – Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara melaksanakan demo program “Peningkatan Kesehatan Mental Melalui Konseling Pada Masyarakat di Kelurahan Sicanang” yang dilaksanakan pada hari Jumat 26 Juli 2024, di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Hasnida, Ph.D, Psikolog selaku Ketua Pengabdian untuk kegiatan Program Konseling Kesehatan Mental Masyarakat dari Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) menyampaikan, melalui survey yang di laksanakan dengan mengambil sampel pada daerah Sicanang, ada beberapa temuan permasalahan kesehatan mental yang terjadi, hal tersebut menjadi fokus perhatian untuk di teliti oleh pihaknya sebagai langkah perbaikan.

“Kesehatan mental pada masyarakat Sicanang menjadi  fokus perhatian yang semakin  meningkat, seiring dengan pengakuan akan dampak terhadap perkembangan dan kesejahteraan masyarakat saat ini,” ungkap Hasnida, Ph.D, Psikolog pada media di Fakultas Psikologi USU, Kota Medan, Senin (5/8/2024).

“Masalah – masalah kesehatan mental ini berupa tekanan akademis, perubahan emosional, dan suatu tuntutan sosial, hal ini menunjukkan perlu adanya pendekatan yang holistik dan proaktif untuk mendukung kesejahteraan psikologis mereka,” terangnya.

Lanjut Hasnida, Ph.D, Psikolog menjelaskan, pentingnya mendukung kesehatan mental tidak hanya mencerminkan perhatian terhadap performa dari masyarakat tersebut tetapi juga terhadap  aspek-aspek  pengembangan pribadi yang turut memengaruhi kehidupan secara sosial.

“Pada tahap ini sering individu mengalami perubahan signifikan, baik fisik maupun emosional, yang dapat memicu tantangan terhadap isu kesehatan mental. Salah satu upaya yang dapat dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap isu kesehatan mental adalah dengan memberikan konseling. Pemberian konseling  akan lebih mudah dilakukan secara berkelompok, karena masyarakat umumnya lebih mudah menyampaikan perasaannya jika kelompok memiliki masalah serupa,” ujar Hasnida.

“Konseling kelompok adalah suatu bentuk langkah intervensi psikologis yang dilakukan oleh seorang konselor dengan melibatkan beberapa individu  dalam kelompok. Teknik ini  bertujuan untuk memberikan dukungan emosional, menfasilitasi   pemecahan masalah, meningkatkan keterampilan interpersonal dan memberikan  pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri melalui  interaksi dalam kelompok,” imbuhnya.

Terakhir, Hasnida juga memaparkan tentang pemberian konseling kelompok dirasa lebih efektif dilakukan karena keterbatasan jumlah konselor dan dapat menjangkau banyak responden yang terlibat.

“Memanfaatkan kelompok masyarakat sebagai konselor dapat menjadi alternatif baik. Kelompok akan diberikan pelatihan untuk berperan sebagai konselor bagi anggota konseling dan memberikan dukungan sosial kepada teman. Pemberian konseling kelompok  dapat meningkatkan self esteem, motivasi,” pungkas Hasnida.

Pada Kegiatan pengabdian Masyarakat ini konseling kelompok mengenai kesehatan jiwa juga dilakukakn oleh Namora L. Lubis, M.Sc., Ph.D dan Nunung Febriany Sitepu., MNS beserta anggota pengabdian yang lain, dihadiri langsung oleh pihak Lurah Belawan Sicanang, Deby Fauziah S.Sos, M.AP dan para staf Kelurahan.

Kegiatan difokuskan pada Siswa/i SMPN 26 Medan di Kelurahan Sicanang yang berjumlah 40 orang. Para peserta sangat senang dan antusias dengan kegiatan yang dilakukan, mereka mengatakan mendapatkan pengetahuan baru cara mengatasi stress dengan benar dan kegiatan konseling yang berguna sebagai penambahan wawasan dan menambah kepercayaan diri para pelajar SMPN 26 Medan.

Berita Terkini