BNNK Ciamis, Laksanakan Program P4GN untuk Wujudkan Desa Bersinar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis, melaksanakan kegiatan koordinasi, dengan agenda bahasan terkait sinergitas, dan dukungan, dalam melaksanakan Program P4GN untuk mewujudkan Desa Bersinar.

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Pananjung, dan Desa Selasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (04/06/2021).

Dalam kesempatan ini hadir Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., Sub Koordinator P2M BNNK Ciamis, Yudi Sukmayadi, S.H., Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama, H. Wawan Waryono, S.Pd., M.Pd., Kepala Sub Bidang Kewaspadaan Dini, dan Kerjasama Intelijen, Sodikun, S.Pd.I., MM., Kepala Desa Pananjung, Dedi Hermawan, S. Pd., serta Kepala Desa Selasari, Udin Tugaswara, A.Md.

Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., menjelaskan ada program “Desa Bersinar” di Kabupaten Pangandaran, salah satunya di Desa Pananjung ini, yang ditunjuk sebagai pilot project “Desa Bersinar” untuk skala Nasional, yang akan disandingkan dengan Desa-Desa dari Ciamis, Banjar, juga Daerah – Daerah lain.

“Tentu kami perlu konsolidasi apa yang perlu dilakukan, langkah apa yang harus diupayakan dalam hal pencegahan narkoba di lingkungan masyarakat itu intinya,” ucap Engkos.

“Langkah kongkritnya tentu dalam bentuk regulasi sebagai payung hukum dalam melaksanakan program Desa Bersinar harus diupayakan secepat mungkin,” kata Engkos.

“Alhamdulillah Pangandaran, sudah memiliki Peraturan Bupati juga tentang tim terpadu yang belum lama ini dikukuhkan oleh Bapak Bupati Pangandaran, maka di Desa juga harus ada tim yang melibatkan seluruh komponen masyarakat baik itu tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat sampai pengurus PKK. Pihak-pihak inilah nantinya yang akan melakukan upaya penanggulangan narkoba di Desa,” jelas Engkos.

“Diharapkan nantinya Desa mampu mempertahankan Desa-Nya tetap bersih narkoba, dengan meningkatkan daya tangkal masyarakat terhadap masalah narkoba secara berkesinambungan,” ujar Engkos.

“Desa Bersinar satu upaya untuk mempersempit ruang gerak penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba, serta menyadarkan masyarakat akan bahaya narkoba itu sendiri. Kami bersama Kesbangpol juga akan turun untuk memberikan pembinaaan di lapangan kedepannya,” pungkas Engkos.

Selanjutnya Kepala Desa Pananjung, Dedi Hermawan, S. Pd., menyatakan siap mendukung sepenuhnya menjadi “Desa Bersinar” di Kabupaten Pangandaran, dengan langkah awalnya pembuatan Perdes, bentuk satgas yang didalamnya akan melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat juga unsur terkait lainnya.

“Dari pemaparan Kepala BNNK Ciamis, nantinya akan ada rencana aksi dari Desa tersebut, salah satunya sosialisasi tentang bahaya narkoba, advokasi kebijakan dalam menangani masalah narkoba,” ucapnya.

Menurut Dedi, harus ada kegiatan pembinaan kepada Aparatur Desa supaya lebih tanggap terhadap bahaya narkoba, serta deteksi dini perlu di upayakan di wilayah Desa Bersinar untuk memberikan daya tangkal, dan kewaspadaan masyarakat.

Hal senada pun diungkapkan Kepala Desa Selasari, Udin Tugaswara, A.Md., yang siap bersinergi dengan BNN dalam mewujudkan Desa Bersinar. (BQ)

- Advertisement -

Berita Terkini