Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Buka Pelatihan Mubelair dan Jahit Pada Warga Binaan

Lapas Kelas II A Labuhan Ruku
Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Yan Rusmanto saat foto bersama

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku melaksanakan acara Pembukaan Pelatihan Kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengusung tema “Mewujudkan Warga Binaan Pemasyarakatan Yang Unggul dan Produktif”, dengan 2 (dua) item kegiatan pelatihan yaitu Meubelair dan penjahitan, Selasa (2/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut di ikuti sebanyak 20 orang peserta Warga Binaan Permasyarakatan (WBP)

Yan Rusmanto, Kalapas Labuhan Ruku menjelaskan, Pelaksanaan kegiatan merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batu Bara.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk mewujudkan Pembinaan kemandirian,” katanya.

Dikatakannya kembali bahwa pembinaan akan berjalan dengan baik ketika ketiga unsur bersinergi dengan baik, yaitu petugas Pemasyarakatan yang merupakan penanggung jawab secara struktural, kedua adalah masyarakat dalam hal ini instansi pemerintah maupun kolega dan keluarga narapidana serta yang tidak kalah pentingnya adalah warga binaan itu sendiri.

“Oleh karenanya, dengan bersinerginya ketiga unsur ini, niscaya bisa mewujudkan WBP yang mandiri dan Produktif,” pungkasnya.

Di akhir sambutannya, Yan Rusmanto berharap kepada para Warga Binaan setelah mengikuti kegiatan ini selain mempunyai keterampilan yang bersertifikat, kelak setelah mereka menjalani masa pidana di Lapas, mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat diterima di dunia kerja dan dapat kembali melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat.

Hadir pada acara tersebut selain seluruh pejabat struktural dan jajaran seksi Kegiatan Kerja adalah Kabid perdagangan yang mewakili Kadis Perindag. (Malaka)