Soal Jalan Berlubang, Kadis PUPR Langkat : Penganggaran APBD sampai Berkoordinasi dengan Pemprovsu

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) terus melakukan pembangunan jalan lintas yang ada di Negeri Bertuah, dimulai dari tingkat prioritasnya.

“Kami terus melakukan pembangunan jalan di Langkat, mulai dari jalan Kabupaten sampai pedesaan, melihat dari skala prioritasnya,” ungkap Kadis PU PR Subianto dalam keterangannya, Senin (25/1/2020).

Teknis pembangunannya, lanjut Subianto menjelaskan, untuk jalan milik Pemkab Langkat, pembangunannya dari pengalokasian anggaran yang bersumber dari APBD. Sedangkan jalan lintas milik Provsu yang melintasi Langkat, pihaknya berkordinasi dengan Pemprovsu, yakni melalui Dinas Bina Marga Konstruksi Provsu. Sedangkan untuk jalan nasional, berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Sumut.

Jadi, pada 12 november 2019 lalu, Dinas PU PR Langkat, sudah melayangkan surat permohonan kepada Dinas Bina Marga Konstruksi Provsu, dengan No:620-7613/DPUPR/LKT/2019, untuk pemeliharaan jalan Provsu dari Simpang Durian Mulo Kecamatan Kuala sampai Jalan Namu Ukur kecamatan Sei Bingai. Karena jalan tersebut, milik Pemprovsu.

“Surat permohonan perawatan ini kami layangkan, sebab dari pantau kami, jalan tersebut banyak mengalami kerusakan. Sehingga menghambat warga yang berlalu lintas, baik bagi para wisatawan yang akan berwisata ke Bukit Lawang, juga yang akan menuju Berastagi Kabupaten Karo,” ungkapnya.

Komisi D DPRD dan Kadis PUPR Langkat
Kadis PUPR Langkat Subiyanto menandatangani petisi masyarakat soal Jalan Nasional Lintas Sumatera yang berlubang

Sedangkan untuk kondisi jalan nasional yang berlubang, dari Kota Binjai sampai Tanjung Pura, lalu dari Tanjung Pura sampai Perbatasan Aceh, sambung Subiato, juga akan segera dilakukan perawatan oleh BBPJN II Sumut, pelaksanaannya di tahun 2021 ini. Hal ini, disampaikan langsung oleh pihak BBPJN II Sumut, saat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Masyarakat, Pemuda dan Mahasiswa Peduli Jalan Berlubang Lintas Sumut di Komisi D DPRD Langkat.

“Jadi di tahun ini, jalan nasional yang bekisar panjangnya 80 Km, dari kota Binjai sampai perbatasan Aceh tersebut, akan segera diperbaiki/dirawat,” sebutnya.

Sementara, Sekdis PU PR Ilham Bangun, menjelaskan, bahwa volume ruas jalan milik Pemkab Langkat yang tersebar di 23 Kecamatan, seluruhnya 1614 Km. Untuk kondisi jalan dengan kondisi baik dan sudah di hotmix (aspal), sepanjang 755Km.

“Selebihnya, akan terus dilakukan perbaikan dan pembangunan, dari jalan di tingkat kabupaten sampai tingkat desa,” sebutnya.

Jadi disisa 3 tahun kepimpinan Bupati Langkat Terbit Rencana PA, kata Ilham, pihaknya akan terus membangun jalan lainnya, guna mewujudkan visi misi Pemkab Langkat. Pembanguan dilakukan secara bertahap dengan melihat skala prioritas, disesuaikan kemampuan APBD Pemkab Langkat.

“Langkat ini terdiri dari 23 Kecamatan dan 277 Desa/Kelurahan. Jadi sangan luas, jika meilhat dari APBD Pemkab Langkat sendiri. Maka pembangunannya harus dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Turut hadir dalam RDP, Perwakilan Kementerian PUPR Alfakih, Munawar, Kadis PUPR Langkat Subianto, Ketua Komisi D DPRD Langkat Sribana Perangin-Angin SE, Juriah (Sekretaris) dan anggota Edi Bahagia SIP, Sandrak Herman Manurung SSos, Sucipto, H Ajai Ismail SE Aidir SHI, Novriani (Staf), Nasib Hariadi (Staf) dan Nanang Susiato SPdI. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini