Gunung Sinabung Kembali Erupsi Semburkan Awan Panas Sejauh 2500 Meter

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), terus menunjukkan aktivitasnya dalam beberapa hari terakhir. Jumat (30/10) siang, erupsi diikuti awan panas guguran kembali terjadi.

Aktivitas Gunung Sinabung ini terpantau sekitar pukul 12.02 WIB. “Tadi baru saja kembali terjadi awan panas guguran lagi, dengan jarak luncur ke arah Timur-Tenggara sejauh kurang lebih 2500 meter,” ucap Armen Putra, salah seorang petugas di Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM.

Dia memaparkan Gunung Sinabung terpantau terus mengeluarkan material abu vulkanik. Erupso dam awan panas guguran masih berpotensi terjadi karena kubah lava di puncaknya semakin membesar.

“Selagi kubah lava masih ada, jadi potensi erupsi awan panas guguran masih tinggi. Untuk tekanan dan jarak luncur masih terus fluktuatif tergantung dari dorongan,” jelasnya.

Armen kembali mengimbau agar kepada seluruh masyarakat kembali meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya Gunung Sinabung. Gunung yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut masih berada pada status Level III (Siaga).

Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan diingatkan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor Selatan-Timur dan 4 km untuk sektor Timur-Utara.

Sumber : Merdeka.com

- Advertisement -

Berita Terkini