Kapolres Majalengka, Jadi Narasumber Zoom Meeting Pelatihan Pengendalian Karhutla

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Majalengka – Kapolres Majalengka, Dr Bismo Teguh Prakoso, selaku narasumber pada pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan (Karhutla) dan Lahan bagi Masyarakat Peduli Api (MPA), Berkesadaran Hukum melalui Zoom Meeting, bertempat di Aula Sindangkasih, Polres Majalengka, Rabu (5/8/2020).

Kapolres Majalengka, sebagai narasumber Zoom Meeting pada pelatihan Pengendalian Karhutla, dengan materi peran MPA Berkesadaran Hukum yang dilaksanakan Zoom Meeting, bersama Kepala Balai Jakarta Ir Dimyanti, M.P dan diikuti oleh para peserta Zoom Meeting, terdiri dari Kasat Binmas IPTU Djunardi, Ps Paur Subbag Humas, Aipda Riyana, dan dari unsur Polsek Bhabinkamtibmas, Koramil Babinsa, Aparat Desa, UPT LHK, Tokoh Masyarakat, MPA, Pendamping Masyarakat (LSM) dan Pararegal.

Dalam pelaksanaan Zoom Meeting, berdasarkan badan penyuluhan dan pengembangan SDM LHK, bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, akan melaksanakan pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan, dan Lahan (Karhutla), bagi Masyarakat Peduli Api (MPA), Berkesadaran Hukum secara Elektronik/Blended Leaming.

Zoom Meeting Kapolres Majalengka, memaparkan perkembangan situasi saat ini di musim kemarau Taman Nasional Gunung Ciremai, termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Kuningan dan Majalengka, dengan luas +15.500 Ha, yang berbatasan langsung dengan 25 Desa, di Kabupaten Kuningan dan 20 Desa di Kabupaten Majalengka Hutan di Kawasan TNGC.

Satwa langka di kawasan Gunung Ciremai, antara lain: Macan Kumbang (Panthera Pardus), Surili (Presbytis Comata) dan Elang Jawa (Spyzaetus Bartelsi).

Jenis satwa lainnya adalah Lutung (Presbytis Cristata), Kijang (Muntiacus Muntjak), Kera Ekor Panjang (Macaca Fascicularis), Ular Sanca (Phyton Molurus), Meong Congkok (Felis Bengalensis), Elang Hitam (Ictinaetus Malayensis), Ekek Kiling (Cissa Thalassina), Sepah Madu (Perictorus Miniatus), Walik (Ptilinopuscinctus), Anis (Zoothera Citrina) dan berbagai jenis burung berkicau lainnya.

Kapolres Majalengka, selain memaparkan TNGC juga telah memberikan himbauan Karhutla dilokasi TNGC melalui pemasangan spanduk, melalui Medsos, dan Radio, Jajaran Polres Majalengka, dan Polsek Jajaran, selalu mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam menjaga lingkungannya dan tidak melakukan pembakaran lahan secara liar, agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan akibat kebakaran hutan dan lahan juga bagi warga masyarakat sekitar.

Kapolres Majalengka, Jadi Narasumber Zoom Meeting Pelatihan Pengendalian Karhutla
Kegiatan pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan (Karhutla) dan Lahan bagi Masyarakat Peduli Api (MPA), Berkesadaran Hukum melalui Zoom Meeting.

Kapolres Majalengka, menghimbau tentang Karhutla, ini diharapkan warga masyarakat sadar bahwa membakar hutan maupun lahan dengan sengaja ada hukum dan sanksi pidananya, selain itu Polres Majalengka, sudah membuat Aplikasi E PMR Karhutla, masyarakat bisa melaporkan ke Aplikasi E PMR baik kejadian Karhutla, maupun kejadian lainnya, serta dalam Pelayanan Kepolisian.

Zoom Meeting dilanjutkan dengan tanya jawab kaitannya dengan Karhutla dilingkungan TNGC yang dipimpin oleh Operator Kepala Balai Ir Dimyanti, M.P sejumlah para perserta yang mengikuti Zoom Meeting tanya jawab langsung dijawab oleh Kapolres Majalengka. Pada umumnya para peserta Zoom Meeting mendukung atas Inovasi-inovasi Kapolres Majalengka, kaitannya dengan penanggulangan Karhutla. Berita Majalengka, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini