Ciptakan Kampung Tangguh Dapat Menciptakan Pemuda yang Tangguh

Ciptakan Kampung Tangguh Dapat Menciptakan Pemuda yang Tangguh
Kampung Tangguh

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Menjadi Kampung Tangguh dapat mendongkrak dan menciptakan pemuda-pemuda yang tangguh dengan cara bergotong royong.

Mengapa bisa seperti itu?, mungkin masyarakat khususnya para pembaca berita di media online mudanews.com bertanya-tanya, Jumat (3/7/2020).

Tepatnya di hari ulang tahun Bhayangkara ke-74 tahun 2020, Polres Labuhanbatu laksanakan Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke-74 di lapangan Mapolres Labuhanbatu yang dipimpin langsung AKBP Agus Darojat SIK MH selaku pimpinan di Polres Labuhanbatu.

Terbukti enam dari warga kabupaten Labuhanbatu, salah satunya adalah warga Kelurahan Aek Paing yang didampingi Lurah Aek Paing Parida Hanum SPd MM telah diberangkatkan untuk lakukan rehabilitas gratis oleh Kapolres Labuhanbatu pada Rabu 1 Juli 2020 dari halaman Mapolres Labuhanbatu.

Parida Hanum SPd MM sebagai Lurah Aek Paing mengatakan, rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK MM yang telah peduli terhadap warga Labuhanbatu khususnya generasi muda di zaman modern era digital ini dan juga Kelurahan Aek Paing telah menjadi kampung pilihan, yaitu dengan sebutan Kampung Tangguh,

“Hal ini sudah jelas kami selaku pemerintah yang berada di kelurahan Aek Paing sangat merasa senang dan berpikir semakin positif untuk memotivasi warga di kelurahan Aek Paing ini untuk kedepannya menjadi warga yang jauh lebih tangguh lagi,” ujarnya.

Namun yang pastinya sebutan kampung tangguh ini terinspirasi dari warga yang masih peduli terhadap kehidupan dan kebutuhan pangan sehari-hari, seperti pemanfaatan lahan kosong sekitar rumah saling peduli sesama tetangga yang susah dan yang masih terjaga adalah sifat bergotong royongnya hingga sampai sekarang.

Ciptakan Kampung Tangguh Dapat Menciptakan Pemuda yang Tangguh (2)
Kampung Tangguh

Terlihat dan juga terbukti pada kegiatan Jumat Bersih yang dilaksanakan di kelurahan Aek Paing yang dipimpin langsung oleh Camat Rantau Utara H Turing Ritonga ST MM.

“Benar pak kegiatan program jumat ini adalah bagian program pemerintah kabupaten labuhanbatu dan hari ini,” jelasnya.

Dia mengatakan, selaku camat di Kecamatan Rantau Utara harus mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Lurah Aek Paing Parida Hanum SPd MM bersama jajaran Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta dari Satuan Kompi 126 KC/LB juga dari SETKOM sebagai mitra Polres Labuhanbatu.

“Kepala lingkungan dan paling penting adalah peran pemuda remaja mesjid yang berada di kelurahan Aek Paing ikut peduli terhadap kampung mereka yang nantinya akan di resmikan menjadi Kampung Tangguh,” tegasnya.

Sambungnya, gotong royong merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata gotong yang berarti “bekerja” dan royong yang berarti “bersama”. Bersama dengan musyawarah, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, serta kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar filsafat Indonesia seperti yang dikemukakan oleh M Nasroen.

“Istilah ini diturunkan dari budaya masyarakat desa yang saling menolong ketika membangun dan memindahkan rumah, menggotongnya bahu-membahu dengan tandu dari batang royong (ruyung), tumbuhan tinggi sejenis kelapa,” pungkasnya. Berita Labuhanbatu, red