Nurul Akhyar Minta para Ibu Menunda Kehamilan pada Masa Pandemi Covid-19

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS, Medan – Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke XXVII, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar bersama Ketua TP PKK Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi meninjau Pelayanan KB serentak (Sejuta Akseptor KB) ke Rumah Sakit Hermina Jalan Asrama Sei Sikambing C II Kecamatan Helvetia, Senin (29/6).

Setibanya di Rumah Sakit Hermina, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar bersama Ketua TP PKK Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi disambut Direktur RS Hermina dr Nine Mei MARS beserta jajaran. Plt Ketua TP PKK Kota Medan bersama Ketua TP PKK Sumatera Utara langsung masuk kedalam rumah sakit dan melihat langsung pelayanan KB di rumah sakit tersebut tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Usai peninjauan, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar mengingatkan agar dimasa pandemi Covid-19 saat ini, ibu-ibu yang ada di Kota Medan lebih baik menunda kehamilan karena resikonya sangat besar.

Oleh karena itulah kepada ibu yang telah melahirkan, Nurul Khairani berpesan agar jangan lupa ber-KB, sedangkan bagi ibu yang saat ini sedang mengandung tetap konsumsi makanan bergizi dan menjaga kesehatan dari awal kehamilan hingga melahirkan.

“Bagi ibu yang saat ini sedang mengandung konsumsilah makanan yang bergizi agar ibu dan bayinya tetap dalam keadaan sehat, setelah melahirkan jangan lupa ikuti program KB, apapun KB nya terserah sesuaikan saja dengan kondisi badan,” pesan Nurul Kharani Akhyar didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Medan drg Usma Polita MKes.

Dalam kesempatan tersebut, Nurul juga mengajak kaum ibu yang ada di Kota Medan untuk mengikuti program KB. Dengan begitu para ibu dapat mengatur jarak kehamilan dan mewujudkan keluarga yang sehat.

“Bagi ibu-ibu di Kota Medan, ikutin program keluarga berencana, karena program ini keren, anak laki-laki ataupun perempuan itu sama saja yang penting dalam keadaan sehat, ajak Nurul.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi agar menunda dulu kehamilan di tengah covid-19 karena pada kondisi saat ini sangat rentan bagi ibu-ibu hamil.

“Bagi ibu di masa subur tunda dulu kehamilannya dimasa covid-19 ini, kita menghindari ibu dan bayi tertular dan juga menghindari terjadinya baby doom,” pesan Nawal Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Medan drg Usma Polita MKes menjelaskan dalam rangka memperingati Harganas Ke XXVII di Kota Medan dilaksanakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor KB di antaranya IUD sebanyak 20, Implan 147, pil 25.878, kondom 6000, dan suntik 179.

“Kegiatan pelayanan KB ini dilaksanakan di seluruh puskesmas dan faskes di Kota Medan serta beberapa Rumah Sakit,” kata Usma Polita.

Sedangkan, Direktur RS Hermina dr Nine Mei MARS mengaku sangat mendukung kegiatan pelayanan KB ini, diharapkan momentum Harganas ini dapat mencapai tingkatan program KB dan menekan angka kehamilan.

“Kami dari Rumah sakit mendukung program Pemerintah sebagai mitra kami khususnya dalam program KB di Kota Medan, saya berharap semakin banyak masyarakat yang mengikuti program KB ini sehingga dapat menekan angka kehamilan dan merencanakan keluarga yang sehat,” ujar Nine Mei.  (mn-ka)

 

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini