Pemerintah Nagori di Simalungun Siap Salurkan BLT Dana Desa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Simalungun – Setelah tahapan-tahapan diselesaikan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Kabupaten Simalungun siap disalurkan. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang selanjutnya disingkat BLT Dana Desa adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Arjuna, Koordinator TPP Kabupaten Simalungun menyampaikan bahwa penyaluran BLT-DD melalui mekanisme tahapan-tahapan yang harus dilalui, mulai dari pendataan, musyawarah nagori khusus validasi data, verifikasi data oleh pemerintah kabupaten (camat) dan perubahan APBDes.

“Penggunaan BLT Dana Desa berpedoman pada Permendes PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, jadi Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan kegiatan BLT Desa,” tandas Arjuna.

“Alhamdulillah, seluruh Nagori (Desa) di Kabupaten Simalungun sudah melaksanakan Musdes Khusus (Musyawarah Nagori Khusus) untuk memvalidasi data calon penerima BLT Dana Desa, berkat kerja keras Relawan Nagori dan administrasi kelengkapan sudah rampung 90%, pekan depan sudah bisa disalurkan serentak. Yang penting segala ketentuan sudah dipersiapkan dengan matang, Pemerintah Kabuapaten dalam hal ini Dinas akan menyampaikan kepada Pangulu (Kepala Desa) hari dan tanggal penyalurannya, karena masyarakat nagori sudah menantikan,” demikian Arjuna menambahkan.

Ketika ditanya bagaimana pengelolaan keuangan di APBDes?

Arjuna yang secara kebetulan sebagai Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif menejlaskan bahwa berdasarkan realokasi penggunaan Dana Desa, kepala desa menetapkan peraturan desa mengenai perubahan APBDes, manakala dalam hal perubahan APBDes belum dapat ditetapkan mengingat keadaan mendesak dan darurat, pemerintah desa dapat terlebih dahulu melakukan perubahan penjabaran APBDes. Untuk pengintegrasian data siskeudes, Kemendagri sudah memberikan kode output dan satuan output kegiatan penanggulangan Covid-19 di Desa.

Terakhir, Arjuna mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa, yang telah memfasilitasi desa dengan baik, juga apresiasi kepada pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten, atas kerjasama dalam pendampingan nagori (desa) di Kabupaten Simalungun sebagai upaya dalam penanganan pencegahan serta dampak Covid-19. Berita Simalungun, red

- Advertisement -

Berita Terkini