Pandemi Corona, Polres Banjar Laksanakan Tactical Floor Game Sispamkota

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjar – Kepolisian Polres Banjar, Polda Jabar, bersama Pemerintah Kota Banjar, dan Kodim 0613/Ciamis, melaksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) Sispamkota, di Aula Lantai 3 Gedung Samsat Kota Banjar, Jl. Gerilya Pamongkoran, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (16/04/2020) kemarin.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Selain itu sebagai upaya mencegah, menangkal, serta menanggulangi segala bentuk kontijensi akibat dari Pandemi Covid-19 di Wilayah Hukum Polres Banjar.

TFG ini dipimpin langsung oleh Kapolres Banjar, AKBP. Yulian Perdana, S.I.K., dan dihadiri oleh Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, S.Ip. M.Si., Dandim 0613/Ciamis, Letkol., Arm. Tri Arto Subagio, M.Int.Rel. M.M.D.S., Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, Wakapolres Banjar, Kompol Drs. Ade Najmulloh, perwakilan Danyonif Raider 323/BP Kostrad, Sekda Kota Banjar, Ade Setiana, dan Asda I Kota Banjar, H. Tomy Subagja.

Selain itu turut hadir para pejabat utama Polres Banjar, Pabung Kota Banjar Kodim 0613/Ciamis, Dansub Denpom III/2-4 Banjar, Danramil 1313/Banjar, Danramil 1325/Langensari, Kadis Pol PP, Kadishub, Kadinkes, Kadis Kominfo, Kalak BPBD, Kepala BPPKAD, Kabid Pelayanan, dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes, Kasi Survielans, dan Imunisasi Dinkes, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Ketua MUI Kota Banjar, dan Ketua FKUB Kota Banjar.

Kapolres Banjar AKBP. Yulian Perdana, S.I.K., mengatakan, Tactical Floor Game, atau TFG Sispamkota ini digelar terkait penanganan Pandemi Covid-19 di Wilayah Hukum Polres Banjar.

Ada pun maksud, dan tujuan, digelarnya TFG ini untuk melakukan penyamaan persepsi cara bertindak anggota di lapangan perihal perkembangan Covid-19 di Kota Banjar.

“Dalam hal ini peran semua pihak dalam penanganan antisipasi, dan upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 sangat diperlukan. Serta untuk mematangkan dan menyingkronkan para gugus tugas yang dibentuk oleh Walikota,” ujar Kapolres Banjar, AKBP. Yulian Perdana, S.I.K., kepada awak media seusai kegiatan.

“Maka dari itu perlu kerja sama yang baik, dan satu persepsi,” tambahnya.

Kapolres, menjelaskan bahwa tugas utama nya ada tiga, yakni pencegahan, penanganan, dan bagaimana membangun sistem informasi. Disini ada satgas pencegahan, logistik, bidang humas, dan telah berjalan. Tetapi ini lebih menyingkronkan lagi karena ini melibatkan lintas sektoral, sehingga nantinya dilapangan bisa dapat lebih taktis.

“TFG Sispamkota ini dalam rangka antisipasi penerapan PSBB, dan pendistribusian 7 bantuan Pemerintah, atau jaring pengaman sosial,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm. Tri Arto Subagio, M.Int.Rel. M.M.D.S., berharap kegiatan TFG yang diselenggarakan oleh Polres Banjar, dapat ditindaklanjuti.

“Diharapkan dari sini ditindaklanjuti oleh tim gugus tugas untuk dilakukan secara nyata di lapangan, bukan hanya diruangan saja. Sehingga koordibasi benar-benar bisa dijalankan dengan lancar, kemudian semua sistem yang telah direncanakan bisa berfungsi dengan baik,” ungkap Dandim 0613/Ciamis.

Hal senada, disampaikan Asisten Sekertaris Daerah I Kota Banjar, H. Tomy Subagja, menambahkan bahwa ini merupakan simulasi kering supaya semua siap pada saatnya apabila nanti ada kasus yang dicontohkan dalam TFG.

“Lebih ditekankan lagi, bagaimana komunikasi ini bisa berjalan dengan baik. Kemudian pada saat jaring pengaman sosial dibutuhkan, kita juga buka jalur logistik ini supaya bisa lebih pasti nanti sampai kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya. Berita Banjar, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini