Covid-19 di Sumut, 1391 Pasien ODP

Covid-19 di Sumut, 1391 Pasien ODP
Riadil Akhir Lubis

MUDANEWS.COM, Medan – Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut Riadil Akhir Lubis membeberkan, kenaikan tersebut mencapai 89 persen dari hari sebelumnya, Senin (23/3/2020) yang jumlahnya 763 ODP. Pada Selasa (24/3/2020), Pasien Orang Dalam Panatau (ODP) 1391 orang.

“Saya akan menyampaikan data sementara dari semua rumah sakit yang terorganisir termasuk dari Rumah Sakit Haji Adam Malik, RS Umum Daerah, RS Perkebunan, dan RS Swasta. Pada saat ini dapat kami laporkan data pasien atau orang yang dalam pemantauan (ODP) yang melapor ke berbagai rumah sakit ini tercatat menjadi 1.391 kasus. Jumlah yang cukup signifikan dan terjadi kenaikan dari sejak semalam itu 763. Jadi itu hampir 89 persen terjadi kenaikan,” tuturnya dikutip dari tribunmedan.com.

Ia mengatakan, 1.391 ODP yang dikarantina tersebut terbanyak ada di Kota Medan dan menyusul Kabupaten Deliserdang.

“Ini yang kami laporkan dari 1.391 orang dalam pemantauan itu yang paling banyak ada di Kota Medan kemudian di Deliserdang, Pematangsiantar, Asahan, Binjai dan Pakpak Bharat dan seterusnya. Sehingga berjumlah 1.391 orang dalam pemantauan yang melapor kepada berbagai rumah sakit, ” kata.

Ia membeberkan, kenaikan signifikan juga terjadi kepada pasien yang positif terpapar virus Corona yaitu sebanyak delapan orang yang hari sebelumnya hanya dua orang.

“Sampai hari ini yang negatif ada delapan orang dari sebelumnya enam orang. Kemudian kami laporkan terjadi kenaikan pasien yang positif kalau kemarin kan ada dua orang. Kalau hari ini bertambah menjadi delapan dan satu sudah meninggal dunia. Jadi ada tujuh orang lagi dirawat,” ungkapnya.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 berjumlah 53 orang dari sebelumnya berjumlah 53 orang.

“Pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang saat ini berjumlah 53 orang kalau kemarin 50 berada di 24 rumah sakit dan di enam kabupaten dan kota yaitu kota Medan Deliserdang, Langkat, Toba Samosir dan Serdangbedagai ini,” katanya.