Akhyar Instruksikan Dinkes Kota Medan Perbarui Jumlah Warga Terindikasi Virus Corona

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kota Medan untuk terus memperbaharui data jumlah warga yang terindikasi wabah virus corona (covid-19), sehingga masyarakat dapat merasa tenang dengan mengetahui informasi yang diberikan Pemko Medan, Jumat (20/3).

Saat tiba di Kantor Dinas kesehatan Kota Medan Jalan Rotan, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Akhyar mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Medan yang merasakan gejala batuk, flu dan sesak nafas atau gejala yang mengarah pada wabah virus corona, agar dapat menghubungi langsung Call Center Covid 19 dari Dinas Kesehatan Kota Medan ke nomor 081375884531 dan 082161977779 atau untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat melalui link http://covid19.go.id, jika ada orang yang butuh penanganan terkait virus corona.

Dalam kesempatan tersebut, Akhyar langsung mencoba menelpon ke nomor call center guna memastikan apakah nomor tersebut siap siaga dalam menangani masyarakat. Dengan begitu Dinas Kesehatan Kota Medan dapat terus sigap menangani masyarakat yang melaporkan adanya masyarakat yang terkena wabah virus Corona.

Selain memastikan call center yang tersedia, Akhyar juga memantau ketersediaan ambulance yang disediakan Dinas Kesehatan Kota Medan. Hal tersebut dilakukan Akhyar untuk memastikan Dinas Kesehatan Kota Medan harus selalu meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat yang ada di Kota Medan.

Menurut informasi yang didapat dari Dinas Kesehatan, sampai dengan hari ini jumlah orang dalam pengawasan (ODP) berjumlah 134 orang, sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 19 orang. Tentunya hal tersebut harus terus didata ulang setiap jamnya.

“Saya minta kepada Dinas Kesehatan untuk terus mengupdate perkembangan baik dari jumlah orang dalam pengawasan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan suspect. Informasi tersebut harus terus di update di sosial media setiap hari bahkan setiap jam, agar masyarakat dapat mengetahui informasi terkait mewabahnya virus corona (covid-19) tersebut,” jelas Akhyar.

Disamping itu, Akhyar juga menegaskan bahwa semua rumah sakit yang ada di Kota Medan harus siap menerima jika ada masyarakat yang ingin memeriksakan dirinya terkait virus corona.

“Masyarakat juga dapat menghubungi tempat kesehatan terdekat, saya tekankan semua rumah sakit yang ada di Kota Medan harus siap menerima pasien, mereka tidak ada hak untuk menolak pasien yang datang ke rumah sakitnya,” tegas Akhyar.

Usai memberi arahan di Kantor Dinas kesehatan Kota Medan, Akhyar juga meninjau Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan Jalan Iskandar Muda No.270, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah.

Di Disdukcapil Akhyar meninjau lokasi yang akan dilaksanakan penyemprotan cairan disinfektan. Hal ini dilakukan, karena Kantor Disdukcapil merupakan salah satu dinas pelayanan yang ramai dikunjungi masyarakat Kota Medan.

Untuk mengurangi resiko penyebaran wabah covid 19, Disdukcapil membuka pelayanan secara online melalui http://sibisa.pemkomedan.go.id bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukannya. Namun begitu, pelayanan secara manual tetap dibuka sesuai dengan waktu pelayanan yang telah ditentukan.

Untuk pendaftaran dan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dimulai pukul 08.15 wib – 12.00 wib. Sedangkan pengambilan dokumen pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dimulai pukul 13.00 wib – 16.30 wib.  (mn-ka)

 

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

 

- Advertisement -

Berita Terkini