Balitbang Kota Medan Gelar Sosialisasi dan Bimtek OJS Jurnal Pembangunan Perkotaan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pemko Medan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Open Journal System (OJS) Jurnal Pembangunan Perkotaan di Ruang Rapat II, Balai Kota Medan, Selasa (18/2). Tujuannya untuk mendengar masukan serta kendala agar OJS atau yang disebut E-Journal tersebut dapat dievaluasi menjadi lebih baik lagi.

Sosialiasi sekaligus Bimtek yang menghadirkan sejumlah akademisi dan praktisi ini dibuka Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Balitbang Kota Medan Farid Wajedi.

Adapun E-Journal tersebut merupakan sebuah website resmi Balitbang Kota Medan yang berisikan sejumlah tulisan hasil penelitian terkait pembangunan Kota Medan dalam segala aspek.

Farid mengungkapkan kepada para peserta sosialisasi yang umumnya dari bagian Balitbang tersebut agar mengikuti sosialisasi dan bimtek dengan baik dan benar.

Dengan harapan nantinya, pengelolaan E-Journal dapat lebih baik. Terlebih isi E-Journal tersebut dijadikan sebagai acuan dan pedoman untuk pembangunan Kota Medan.

“Pemahaman dan komitmen dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Apalagi terkait pengelolaan E-Journal yang berisikan masukan dalam penataan dan pembangunan kota ini, sehingga bisa dilihat dan diakses siapa saja setiap kali dibutuhkan,” kata Farid.

Untuk itu kepada para narasumber, Farid mengharapkan saran dan masukan agar E-Journal Balitbang lebih berkembang dan baik lagi termasuk dari segi tampilan. Serta dapat menarik minat peneliti dan penulis untuk menginput hasil pemikirannya sebagai bentuk sumbangsih bagi Kota Medan.

“Jika E-Journal ini baik, maka akan memudahkan kita dalam bekerja, mencari, menggali dan mendapatkan data terkait rencana pembangunan kota. Namun ingat, setiap melaksanakan tugas harus dilakukan perencanaan yang terukur dan terarah sehingga tidak menjadi sia-sia,” pesannya.

Sementara itu, praktisi sekaligus narasumber yang dihadirkan menyarankan kepada Balitbang agar mempersiapkan SDM yang mampu menjadi administrator dan pengelola E-Journal sehingga mampu mengelola website secara signifikan. Dengan demikian, masyarakat dapat melihat dan mengetahui secara rinci jurnal pembangunan kota yang terdapat di dalamnya.  (mn-ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini