PASSINDO, Tidak Akui Pomparan Raja Toga Sirait Sedunia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Ketua Umum Persatuan Sirait Siagian se Indonesia (PASSINDO), Drs. Baga Sirait MM, menyayangkan panitia Rapat Umum Pomparan Raja Toga Sirait Sedunia, yang baru melaksanakan rapat umum di Ajibata belum lama berselang. Hal itu disampaikannya kepada wartawan, Senin(27/1/2020).

Disebutkannya rapat umum pembentukan Pomparan Raja Toga Sirait sedunia, sama sekali tidak melibatkan PASSINDO, yang notabene menjadi wadah Sirait-Siagian yang ada di Indonesia. Bahkan sebut Baga Sirait, dirinya tahu pembentukan Pomparan Raja Toga Sirait setelah membaca media massa.

“Tidak tahulah sampai dimana kesibukan panitia pelaksana, hingga Passindo dilupakan dan tidak diajak dalam urun rembuk hajatan itu,” Baga Sirait menyesalkan.

Ditambahkannya, bila membaca pesan/tona leluhur yang bisa dilihat dalam buku-buku Sejarah Batak, Sirait terdiri dari 3 Martinodon (kakak-beradik)yakni: Sirait-Siahaan, Sirait-Siagian, Sirait-Nalomloman. Dan dalam setiap hal yang berhubungan dengan adat serta kebudayaan. 3 Martinodohon tadi, harus selalu dilibatkan dan diikutsertakan.

Terakhir Baga Sirait MM menegaskan sikap PASSINDO yang tidak mengakui keberadaan  PomparanRaja Toga Sirait Sedunia yang baru saja digelar di Ajibata tersebut. Dengan alasan tidak dilibatkannya 3 martinodohon. Berita Medan, fian

 

- Advertisement -

Berita Terkini