Semangat Mahasiswa, Dosen, dan Peneliti Lakukan Publikasi Ilmiah Nasional/Internasional

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Semakin berkembangnya zaman teknologi, maka kita tidak boleh ketinggalan informasi karena teknologi tidak memandang usia. Begitu juga dengan tata cara penelitian dan publikasi, untuk saat ini masih banyak kendala yang dialami oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti sehingga muncul ide dari generasi muda yang telah banyak bernaung di penelitian dan publikasi untuk dapat melakukan sebuah workshop, dan generasi muda tersebut tergabung pada Nanomaterials for Renewable Energy Research Center (NRE) dibawah Yayasan Inovasi Teknologi Titian yang beralamatkan Jl. Industri/Ring Road No. 8 dan 9, Simpang Asoka (sebelah Restaurant Asoka Corner), Medan Sumatera Utara.

Pada (18/1/2020) yang bertepatan dengan hari Sabtu, Nanomaterials for Renewable Energy Research Center (NRE) mengadakan Workshop Pengolahan Data dan Manajerial Referensi Untuk Publikasi Jurnal Ilmiah Nasional/Internasional Bereputasi di Restaurant Asoka Corner Lt. II Jl. Industri/Ring Road, Medan.

Kegiatan Workshop bertujuan untuk membantu mahasiswa, dosen, dan peneliti di lingkungan Sumatera Utara untuk dapat meningkatkan kualitas publikasi jurnal ilmiah nasional/internasional bereputasi dalam hal tata cara pengolahan, pembuatan grafik data dan manajerial referensi sehingga mampu bersaing pada standar Internasional.

Adapun Pembicara pada workshop adalah Riski Titian Ginting, B.Sc, Ph.D (Ketua dan Pendiri Yayasan Inovasi Teknologi Titian, Alumni Post Doctoral CBNU Korea serta Dosen di Universitas Prima Indonesia Medan) dengan Manajerial Referensi menggunakan EndNote dan mendeteksi plagiat manuskrip menggunakan Plagiarism Checker, Dr. Martha Rianna, S.Si (Alumni PMDSU Ristekdikti dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Dosen Fisika FMIPA di Universitas Sumatera Utara) dengan pembuatan grafik pada penelitian menggunakan Origin, Koko Tampubolon (PMDSU Ristekdikti dari Unversitas Sumatera Utara (USU)) dengan pengolahan data penelitian dengan IBM SPSS Statistic, dan Muhammadin Hamid, M.Si (Alumni Universitas Sumatera Utara (USU) dan Laboran Fisika Dasar UPT.PP LIDA USU) dengan manajerial referensi menggunakan Mendeley serta tim pembicara yakni Fransisca Natalia Sihombing, S.Pd (Alumni Universitas Negeri Medan (UNIMED)) dan Dr. Evi Christiani Sitepu, M.Si (Alumni USU dan Dosen di Politeknik Kimia Industri (PTKI) Medan).

Acara workshop turut dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D yang memberikan pengarahan singkat kepada peserta yang berhadir dan sekaligus mengesahkan sertifikat.

Semangat Mahasiswa, Dosen, dan Peneliti Lakukan Publikasi Ilmiah Nasional/Internasional
Penyerahan Lucky Drow.

Peserta workshop yang berhadir adalah mahasiswa dan dosen dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Tjut Nyak Dhien, Universitas Labuhan Batu, Universitas Asahan, Universitas Prima Indonesia, Sekolah Tinggi Teknologi Sinar Husni, Universitas HKBP Nommensen Medan dan Siantar, Universitas Potensi Utama, Politeknik Kimia Industri Medan, Institut Kesehatan Helvetia, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara dan lain-lain.

Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB s/d 17.00, tetapi antusias dan semangat dari peserta sangat membara mengikuti acara sampai selesai, dan terdapat juga lucky draw pada acara yang diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.A.,M.Sc.,Ph.D dan Ketua Yayasan Inovasi Teknologi Titian (Riski Titian Ginting, B.Sc, Ph.D) berupa voucher dan souvenir menarik.

Semangat Mahasiswa, Dosen, dan Peneliti Lakukan Publikasi Ilmiah Nasional/Internasional
Laboratorium Nanomaterials for Renewable Energy Research Center (NRE).

Penutupan acara, peserta diajak ke Laboratorium Nanomaterials for Renewable Energy Research Center (NRE) mengenalkan fasilitas dan alat yang tersedia di Laboratorium dan menerima jasa penelitian, konsultasi bimbingan skripsi, tesis, dan disertasi, konsultasi penelitian ilmiah dan pengolahan data serta konsultasi jurnal ilmiah nasional / internasional bereputasi.

- Advertisement -

Berita Terkini