Menhub Tinjau Terminal Terpadu Amplas Medan 

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS, Medan – Rencana revitalisasi Terminal Terpadu Amplas (TTA) Kota Medan menjadi terminal tipe A kian menunjukkan hasil signifikan. Hal ini disusul dengan datangnya Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi ke Terminal Terpadu Amplas, Sabtu (04/01/2020) sore.

Apalagi, saat ini status pengelolaannya telah dialihkan dari Pemko Medan ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk direvitalisasi menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Didampingi Wagub Sumut Musa Rajeckshah dan Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, kedatangan Menhub guna melihat kondisi terkini terminal yang diresmikan pada tanggal 18 September 1991 tersebut.

Tiba di TTA, Menhub bersama Wagub dan Plt Walikota lebih dahulu meninjau posko pengecekan urine bagi supir. Kemudian dilanjutkan dengan melihat rencana revitalisasi TTA di sebuah papan informasi yang dijelaskan Direktur Prasaran Kemenhub RI Risal Wasal.

Selanjutnya, Menhub beranjak menuju sebuah bus untuk melihat kelaikan angkutan dan berbincang dengan supir. Di kesempatan ini, Menhub mendengar berbagai masukan dan saran dari supir serta kendala yang mereka temui sebagai pelaku jasa transportasi.

Dari hasil perbincangan tersebut ada beberapa poin yang diserap oleh Menhub untuk kemudian ditindaklanjuti Pemprov Sumut dan Pemko Medan.

Menhub mengungkapkan, tujuan kedatangannya untuk melihat langsung kondisi TTA. Selain itu, melakukan koordinasi lanjutan dengan Pemda terkait.

Dari hasil tinjauannya ada beberapa poin yang menjadi perhatiannya ke depan terlebih usai nantinya revitalisasi TTA selesai dilakukan yakni salah satunya meminimalisir keberadaan loket-loket bus liar agar kembali ke dalam TTA. Terlebih, keberadaan loket bus liar kerap menjadi penyebab timbulnya kesemrawutan jalanan meski telah berulang kali ditertibkan.

Sedangkan Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengaku revitalisasi TTA ini menjadi salah satu keinginan besar Pemko Medan yang ingin dilakukan dan disambut baik Kemenhub.

Usai revitalisasi nantinya, Plt Walikota berharap, seluruh pelaku dan pengguna jasa transportasi dapat menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban TTA.

“Nantinya, revitalisasi yang dilakukan dapat menjadi dan memberi kesadaran kita semua untuk sama-sama menjaganya. Terutama bagi para pedagang agar dapat berjualan di tempat-tempat yang nanti disediakan serta menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah sembarangan demi kenyamanan kita bersama. Kita ubah wajah TTA menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (mn-ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini